Rabu, 30 November 2016

November Perpisahan dan Pelajaran





Masa lalu akan tetap jadi masa lalu, masa kini akan jadi masa lalu,
Masa depan akan segera menjadi masa kini karena itu bawa yang tersisa dan terus melangkah.
- Ron, mantan anak kost

Boleh dikatakan bulan ini menguras baik mental maupun fisikku, masa-masa anak kost berakhir dan kini aku kembali ke rumah dan menikmati masakan rumah.

Selama kurang lebih dua minggu terakhir kugunakan untuk beristirahat dan bersiap untuk berangkat ke tempat kerja baruku di Riau, tepatnya Rokan Hilir. Sudah lama aku tidak melakukan perjalanan panjang menggunakan bus, kali ini aku akan menempuh perjalanan sekitar 9 jam.

Bulan ini akhirnya aku memutuskan untuk berhenti dari kantor, walaupun statusku masih aktif hingga hari ini terakhir tetapi aku telah diizinkan untuk langsung mundur karena telah menyelesaikan kewajibanku.

Masih terdengar hingga sore tadi dari beberapa rekan kerja di kantor sebelumnya bagaimana kondisi kantor setelah aku tidak lagi bekerja di sana. Mendengar informasi tersebut membuat hati kadang miris, kadang kecewa apalagi sedikit banyak aku berperan membesarkan kantor tersebut sampai akhirnya dihancurkan oleh seseorang.

Sejak awal bekerja aku sudah memahami bahwa aku tidak akan bekerja lama di sana, namun tidak kusangka harus begitu cepat untuk sampai pada perpisahan.

Selama kurang lebih hampir setahun aku bekerja (Hanya kurang 8 hari lagi untuk sampai 1 tahun penuh) memang banyak yang kupelajari dari kantor ini, lingkungan dan sistem kerja mereka benar-benar berbeda dari perusahaan bergerak di bidang yang sama pada umumnya.

Disini aku belajar bagaimana pentingnya memiliki SDM yang baik untuk menjalankan perusahaan, Bagaimana politik berperan dalam menganggu kinerja kantor, Membentuk kerja sama untuk individu yang sangat individualis dan pentingnya informasi yang akurat untuk menepis gosip dan hoax.

Beberapa pengalaman yang benar-benar berkesan adalah belajar bahwa sebaik apapun kamu, tidak bisa membuat orang benar-benar setia padamu dan memperlakukanmu seperti memperlakukan mereka jika yang mereka pikirkan adalah diri mereka sendiri.

Bagaimana demi materi yang nilainya tidak seberapa seseorang rela memutus hubungan dan menusuk orang di sisinya. Apa yang disebut mereka berteman karena uang.

Bagaimana seseorang dibutakan oleh keegoisannya dengan begitu bodohnya bertindak hal-hal yang merugikan banyak pihak dan berpikir orang memandangnya dengan tatapan kagum. Bagaimana peran sebuah posisi dan perebutannya mampu melupakan semua kehangatan kebersamaan.

Dengan cara yang keras, aku belajar kejamnya kota Medan.

Semua itu aku yakin akan menjadi pengalaman berharga dalam membentuk diriku di masa depan, aku memilih untuk meninggalkan semua ganjalan di hati dan bersiap menuju lembaran baru kehidupanku di kota yang baru.

Sebagai penutup seperti biasa, inilah tulisan terbaik bulan November 2016. Karena hanya ada beberapa tulisan jadi hanya 2 yang dipilih.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)