Kamis, 11 Agustus 2016

Sebuah Perubahan dari Pensil ke Pena



Hari ini aku diminta membagikan sebuah kisah inspirasi dari sebuah kehidupan sehari-hari, karena diminta secara spontan, aku tidak berhasil mengingat sebuah kisah dari buku-buku yang pernah kubaca.

Beberapa saat aku berpikir, jika aku bercerita tentang sebuah kisah yang sudah ada dalam buku, mungkin ada pendengar yang sudah pernah mendengarnya dan tidak mendapat inspirasi jadi aku menceritakan sebuah renungan yang dulu pernah merubah pandanganku pada banyak hal.

Sewaktu kita sekolah dulu, saat masih duduk di bangku sekolah dasar kita mengisi catatan kita pertama kalinya dengan sebuah pensil. Beberapa tahun setelahnya, kita diwajibkan menulis catatan kita dengan sebuah pena.

Pada awalnya perubahan ini membuat banyak siswa merasa aneh dan asing, tetapi aku sangat senang dengan perubahan ini karena sejak dulu aku ingin memakai pena untuk menulis, itu sebabnya hingga saat ini aku suka membeli pena-pena yang bentuknya bagus dan berkelas.

Yang terkadang tidak kita sadari, proses ini sebenarnya mengajarkan sesuatu yang penting untuk kita, perubahan ini merupakan pengalaman yang luar biasa. Mengapa demikian?

Dengan awal memakai pensil, kita diajari bahwa kesalahan di awal saat mempelajari sesuatu adalah wajar dan dapat diperbaiki, misalnya dengan penghapus. Setelah kita cukup mahir, maka kita diberi tanggung jawab lebih besar dengan menggunakan pena, dimana ketika terjadi kesalahan itu akan meninggalkan bekas dan banyak kesalahan membuatnya tidak enak untuk dilihat.

Bisa dikatakan saat kita mulai memegang pena kita telah diberi kepercayaan untuk melakukannya dengan baik dan juga mengemban sebuah tanggung jawab yang lebih dari sebelumnya.

Hal ini seharusnya dapat disadari dan dipahami setiap orang yang menjalani proses ini, bahwa kesalahan adalah proses belajar menjadi ahli, menjadi mahir dalam bidang tersebut dan perubahan yang dihadapi dengan baik maka akan menjadi perubahan yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)