Kamis, 18 Agustus 2016

Odium

Ketika aku dewasa aku menyadari bahwa,
Menyenangkan semua orang sangat sulit,
Sementara membuat semua orang membencimu sangat mudah.


Ketika seseorang telah membencimu, dia akan selalu memiliki cara untuk melihat hal yang buruk darimu. Bahkan ketika kamu berjalan di atas air, dia akan mengatakan kamu melakukannya karena tidak bisa berenang.

Sebaik apapun dirimu, pasti ada saja seseorang yang tidak menyukaimu. Ini sebenarnya wajar, karena kamu juga sangat sulit untuk menyukai semua orang tentunya. Aku sendiri memiliki cukup banyak orang yang tidak kusukai karena sikap mereka yang terkadang, mengusikku.


Jika kita melihat dari sisi metafisika, xenology maupun psikologi, manusia memiliki karakter unik masing-masing dan memang memiliki ketidak cocokan dengan karakter lainnya secara alami. Tentu biasanya ketidak cocokan itu masih dalam tahap yang wajar.

Namun ada sekelompok manusia, yang jumlahnya semakin bertambah, memiliki cara berpikir yang unik dalam menujukan ketidak sukaannya pada orang lain. Menurutku cara berpikir mereka ini seringkali mengusikku.

Ya, mungkin kalian pernah mendengar atau bahkan pernah melakukan hal ini yaitu menyebarkan kebencian pada seseorang kepada orang lain. Contoh umumnya, ketika pasangan kalian tidak menyukai seseorang, dia akan meminta kalian untuk juga tidak menyukai orang tersebut.

Sikap ini juga tidak terbatas pada ketidak sukaan pada seseorang atau kelompok saja. Bisa juga ketidak sukaan pada budaya, musik, benda, dan bahkan ideologi.

Beberapa contoh yang paling umum seringkali kita lihat saat menonton berita, terutama dalam bidang-bidang politik. Beberapa hal lain adalah seperti anti-kpop, anti-idol, bahkan sekitar bulan lalu aku membaca tentang kelompok yang tidak menginginkan orang amerika atau non-asia untuk melakukan cosplay karakter anime jepang.

Memang yang lebih umum kita temui hal ini terjadi pada artis atau orang dunia entertainment. Misalnya saja beberapa tahun terakhir seperti pada Justin Bieber, One Direction, Miley dan baru-baru ini sepertinya Taylor Swift.

Yang menjadi pikiranku, apakah hal itu akan bermamfaat untuk mereka? Dengan menyebarkan kebencian mereka agar orang lain ikut membenci apa akan membuat mereka merasa lebih baik?

Aku sendiri termasuk orang yang sering diajak untuk membenci sesuatu yang bahkan aku tidak pernah dengar atau tahu. Beberapa kali juga menjadi sasaran kebencian banyak orang tanpa aku dan sebagian besar dari mereka tahu apa yang sebenarnya kulakukan sampai bisa terjadi kondisi demikian.

Aku hanya berharap bahwa di masa depan nanti, dunia lebih banyak kasih daripada kebencian. Kuharap kamu juga bermimpi hal yang sama. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)