Kamis, 11 Agustus 2016

Membaca Buku dengan Nyaman

Membaca adalah bermimpi dengan mata terbuka


Beberapa waktu hidup di kota besar membuatku menyadari beberapa hal, salah satunya adalah semakin menurunnya minat membaca buku fisik di sekitarku. Hal ini cukup kumengerti karena akhir-akhir ini aku juga lebih memilih membaca secara digital diwaktu luang yang kumiliki.

Memang sulit untuk membawa buku kemana-mana, bahkan untuk yang selalu membawa tas bersamanya sepertiku, tetapi dulu aku masih bisa banyak orang yang membawa tidak hanya satu buku bahkan tiga buku bersamanya.

Terkadang aku merindukan, saat aku membaca Harry Potter untuk pertama kalinya, bagaimana aku tidak bisa tidur sebelum buku itu selesai, bagaimana setiap bagiannya membuatku larut di dalamnya, bagaimana seolah-olah aku hidup di dalam dunia tersebut.

Tidak heran ada sebuah kutipan, "Mereka yang membaca akan hidup sebanyak seribu kehidupan sebelum meninggal, sementara mereka yang tidak pernah sama sekali hanya menjalani satu kehidupan sebelum meninggal."

Aku yakin setiap orang yang bisa merasakan pengalaman ini, akan ketagihan dan berusaha mencari buku lain yang bisa memberikan sensasi yang sama.

Ada sebagian orang yang ingin memiliki hobi membaca tetapi merasa kesulitan untuk menyukai kegiatan membaca buku, aku memiliki beberapa tips untuk hal tersebut.

Baca Buku yang membuatmu tertarik atau kamu sukai

Pilihlah topik atau jenis buku yang memiliki hal-hal yang membuatmu tertarik, misalnya mereka yang suka film fantasy bisa membaca buku fantasy, sementara mereka yang hobi misteri bisa membaca buku detektif dan lain-lain.

Rutinitas

Tidak perlu memaksakan untuk terus membaca setiap hari jika memang waktunya tidak memungkinkan atau mulai merasa terpaksa, selama satu minggu setidaknya luangkan waktu untuk membaca selama satu sampai dua kali untuk memulai.

Ketika kamu mulai menemukan tempo yang tepat serta jenis buku yang kamu sukai maka dengan sendirinya intensitas membacamu akan meningkat.

Nyaman

Carilah tempat yang nyaman untuk membaca, jika kamu suka tempat yang dingin maka carilah ruangan yang dingin. Yang terpenting lebih baik tempatmu membaca itu tenang, ini sering terganggu karena adanya notifikasi dari handphone, itu sebabnya aku lebih sering membaca malam hari saat tidak banyak hal yang perlu panggilan telepon.

Ditemani camilan dan minuman juga bisa membuatmu lebih nyaman.

Rangkum

Terakhir, selalu rangkum buku yang telah kamu baca. Apapun genrenya, catat hal-hal baru yang kamu dapatkan dari buku tersebut entah itu informasi ataupun renungan serta ideologi. Hal ini akan membuatmu merasakan mamfaat dan efektifnya membaca.

Tentunya ini juga bisa memberikanmu motivasi untuk terus membaca.

Semoga hal-hal di atas dapat membantumu menjadi hobi membaca juga ya. :)

1 komentar:

  1. Tapi kalau sudah berkeluarga, punya "me time" kaya gitu udah mewah banget Ron...
    Bisa di hitung pakai sebelah tangan dalam setahun :D

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)