Senin, 06 Juni 2016

Tips dan Trik Belajar ala Ron



Sejak dulu, aku sangat senang mempelajari hal yang baru. Aku suka menambah wawasan dengan pengetahuan-pengetahuan yang sebelumnya tidak kumiliki. Semua berawal ketika aku merasa tidak nyaman ketika seseorang membicarakan sebuah topik denganku, namun aku tidak bisa nyambung karena kurang menguasai topik tersebut.

Mempelajari sesuatu yang kita suka biasanya menyenangkan dan mudah karena kita akan menemukan cara untuk membuatnya demikian, namun sangat berbeda ketika kamu harus mempelajari sesuatu yang kamu tidak suka atau menurutmu tidak menarik.

Aku bukan seorang jenius, seperti di bio authorku, aku hanya bekerja lebih keras dari orang lain. Aku juga mengalami hal demikian, terkadang ada sesuatu yang tidak kuketahui sama sekali namun aku tidak terlalu berminat mencari tahu lebih dalam tentang hal tersebut. Untungnya aku menemukan solusinya sejak lama, jika hal itu tidak menarik maka kita hanya perlu membuatnya menjadi menarik.

Hal ini kupelajari saat masih duduk di bangku sekolah, untuk mempelajari mata pelajaran yang bagiku tidak begitu menarik. Ya, aku tahu. Aku adalah satu dari sedikit orang yang benar-benar "membawa sesuatu" yang dipelajari dari sekolah ke dunia sosial.

Aku sudah sering membagikan tips ini kepada teman-temanku karena cukup sering ditanyakan dan baru kusadari bahwa belum kutulis di blog ini, jadilah inilah dia mari kita mulai.

1. Kumpulkan semua informasi yang relevan dan menarik

Langkah yang paling sulit adalah langkah pertama, hal paling sulit untuk mempelajari sesuatu yang tidak menarik adalah memulainya. Maka mulai buat dirimu tertarik dengan hal tersebut.

Contohnya saat aku pertama kali ingin mempelajari aksara mandarin secara mendalam, aku sangat bingung harus mulai darimana. Aku mencari ke dalam diriku sendiri, hal apa yang bisa membuatku tertarik, aku mulai dengan salah satu topik favoritku : Sejarah.

Aku mulai mengumpulkan informasi relevan tentang aksara mandarin, bahwa ternyata aksara mandarin awalnya hanya berupa gambar-gambar. Kemudian hubungan Aksara Mandarin dengan Kanji. Setelah mulai tertarik pada sesuatu kita akan mencari informasi relevan lainnya sampai akhirnya kita akan mulai mempelajari apa yang ingin kita ketahui di awal.

Selain mencapai tujuan awalmu, kamu juga mendapat banyak wawasan baru seputar hal tersebut.
 

2. Susun dan Olah Informasi

Jika kalian menggunakan teknik ini pada pelajaran sekolah, kalian mulai bisa menulis semua rumus-rumus matematika dalam sebuah kertas atau menyusun urut sebuah kejadian dalam satu garis waktu yang lurus, membuat mind map dan lainnya.

Jika pada topik umum, kalian bisa membagi informasi penting, informasi besar dan trivia. Informasi penting adalah informasi yang sebaiknya kalian ingat di luar kepala, informasi besar adalah untuk menunjang pemahaman dan biasanya diingat secara alam bawah sadar. Sementara trivia adalah sesuatu yang bisa dilupakan namun beberapa trivia kecil menarik bisa dimunculkan dalam pembahasan topik yang membuat pembicaraan semakin menarik.

Trivia juga biasanya membuat kosa-katamu dalam berkomunikasi lebih kaya dan menarik. Sebagai contoh ketika aku mengenalkan hobiku, "Aku memiliki hobi membaca selama 10 tahun, tidak seperti orang lain yang memiliki hobi mengumpulkan pranko atau menjalin persahabatan"

3. Fokus!

Godaan terbesar untuk berhenti mempelajari sesuatu adalah ketika kita menemukan sesuatu yang lebih menarik untuk dikerjakan, dilihat, dinikmati atau dipelajari.

Inilah kelemahan terbesarku karena sangat mudah tertarik dengan hal lain, dan kuyakin tidak sedikit orang yang merasakan hal yang sama denganku.

Tetap fokus, jika memang ingin pelajari sesuatu yang baru/ topik baru. Sebaiknya bangun dasar yang kuat dahulu pada yang dipelajari saat ini.

4. Belajar dari banyak Media

Saat ini sangat mudah untuk mempelajari sesuatu di era informasi, pentingnya membangun dasar yang kuat sebelum mulai mencari informasi dari berbagai media adalah kemampuan untuk mengolah informasi yang mana yang benar dan salah serta relevan atau tidak.

Jika ingin jalur aman, sebaiknya mulai belajar dari buku-buku yang memang ditulis/disusun oleh seorang ahli di bidang tersebut.

Setelah itu bisa mencari website-website yang relevan dan khusus membahas topik tersebut, lebih baik berbentuk diskusi seperti forum atau milis.

Informasi visual bisa dengan mudah di dapatkan juga melalui internet, umumnya Youtube. Beberapa contoh adalah Ted-talk, Ted-ed, CrashCourse, dan masih banyak lainnya. 

Jika kalian ini mengali informasi dari TV sebaiknya yang bersifat dokumenter seperti National Geo.

5. Hubungkan dengan Kehidupan Sehari-hari

Wawasan baru yang kalian dapatkan ini sebaiknya dapat kalian praktikan di kehidupan sehari-hari sehingga tertanam kuat pada ingatan.

Jika kalian mempelajari bahasa asing maka mulailah berkomunikasi dengan seseorang yang menguasainya juga, jika mempelajari sebuah ilmu maka gunakan untuk kebaikan kalian dan sekitar. Gunakan wawasan tersebut juga untuk memudahkan kehidupan kalian.

Saat kalian mampu melakukan tahapan ini dengan baik maka semua waktu yang kalian keluarkan akan terbayarkan.

6. Jangan Stress

Lakukan semuanya dengan menyenangkan dan santai, tidak perlu bergadang, jika jenuh maka mandi agar segar atau dengarkan musik yang indah. Semua informasi dan pemahaman akan masuk dengan lebih baik jika kita bahagia.

Semoga tulisan ini bermamfaat. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)