Rabu, 22 Juni 2016

Serendipity Seni Menciptakan Temuan yang Membahagiakan

Ketika sesuatu tidak berjalan seperti yang kau inginkan,
Tidak berarti kau tidak menemukan sesuatu yang selama ini kau tunggu


Serendipity adalah sebuah kata unik yang langsung enak didengar dan menarik perhatianku sejak pertama kali mengetahui kata itu. Aku tidak tau artinya tetapi kata itu masuk ke dalam hatiku. Kala itu kata Serendipity belum dikenal secara luas walaupun ada sebuah film yang menggunakan kata itu sebagai judulnya.

Begitu juga di masa itu Komunitas dunia maya belum seramai sekarang sehingga mencari arti kata ini menjadi kesulitan tersendiri. Aku mencari diberbagai kamus, tetapi tidak berhasil menemukannya. Hampir satu bulan lamanya aku mencari tetapi hasilnya nihil.

Beberapa bulan berselang setelah itu, ketika aku membaca sebuah novel aku menemukan kata itu dan aku langsung tertawa dengan lepas. Serendipity artinya menemukan sesuatu yang menyenangkan tanpa mencarinya atau tidak menemukan sesuatu yang dicari tetapi menemukan hal yang lebih baik daripada yang kita cari!

Dunia memang memiliki cara unik untuk mengajarkan para penghuninya, dia mengajarkan arti serendipity dengan mengalaminya sendiri saat akhirnya mengetahui maksud kata tersebut. Langsung saja aku teringat kembali begitu banyak kejadian yang kualami ternyata adalah serendipity.

Mengetahui tentang arti Serendipity mungkin terlihat hal yang remeh, tetapi pengetahuan baru bisa sangat berbeda jika kita telaah dengan baik. Begitulah Serendipity untukku, dia mengajarkan bahwa tidak masalah jika sesuatu terjadi diluar perkiraanmu, lanjutkan saja mungkin akhirnya akan lebih baik dari yang kau bayangkan.

Tidak takut mencoba dan mempelajari hal-hal baru, mengenal orang baru dan untukku membaca berbagai buku baru juga.

Memahami Serendipity bisa memberikan kita semangat dan energi positif dalam menghadapi masalah dan juga proses menuju suatu hasil. Sebagian besar kegagalan bukanlah pada hasil tetapi mereka menyerah dalam proses itu. Ada yang mengatakan bahwa Orang sukses adalah mereka yang jatuh namun tidak menyerah bukan?

Aku memiliki sebuah usaha yang kuberi nama Serendipity Digital Shop, aku berharap bahwa setiap konsumenku mendapatkan lebih dari apa yang mereka cari ketika menjadi konsumenku. Ini yang kuberi nama Semangat Serendipity, blog ini juga menganut semangat tersebut. 
Mungkin kamu datang kesini karena mencari sesuatu dari mesin pencari tetapi kuharap kamu menemukan lebih banyak dari yang kamu cari. Hal-hal yang bisa bermanfaat dalam hidupmu.

Kisah-kisah tentang Serendipity juga selalu menarik untuk didengar, misalnya saja seorang temanku yang mengeluh karena gagal ikut audisi tetapi di audisi tersebut dia mengenal seseorang yang akhirnya mengantarnya ke karir modeling yang jauh dari pernah dia pikirkan.

Seorang temanku bertanya sebuah lokasi kepada penduduk lokal yang ternyata arahan orang tersebut salah, tetapi dia justru bertemu dengan kekasihnya saat ini karena hal tersebut.

Aku sendiri seperti yang pernah kuceritakan dalam Ketika Tidak ada yang Bisa di Lakukan, aku berharap bisa pulang naik pesawat tetapi harus naik kapal dan mengalami hal yang mungkin buruk untuk banyak orang, tetapi di sana aku mendapat pengalaman menarik yang bisa kuceritakan berkali-kali dan juga bisa bersantai di atas laut menikmati waktu membaca yang sudah lama tidak kudapatkan kala itu.
Bagaimana dengan anda? Punya kisah menarik seperti ini? :)


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)