Jumat, 17 Juni 2016

Kegelapan dan Luka dalam Kehidupan

Sesuatu yang tidak membunuhmu, akan membuatmu menjadi lebih kuat


Dalam kehidupan setiap orang pastinya akan mengalami yang kita sebut dengan penderitaan dan masalah. Itu adalah bukti nyata bahwa kita hidup, karena setiap orang yang masih hidup akan memilikinya.

Mulai dari hal-hal yang ringan seperti kelaparan hingga hal-hal yang berat misalnya sakit keras atau masalah keuangan.

Dalam menyikapi hal ini, kita hanya akan dibagi menjadi dua tipe saja.


Di Jepang sebagian besar masyarakatnya sangat menyakini bahwa setiap kesulitan yang kita alami dalam hidup adalah hal yang membuatmu lebih dewasa dan kuat. Mereka menyakini itu lebih daripada masyarakat dunia lainnya.

Perbedaannya adalah mereka lebih positif dalam menghadapi masalah, dan hal tersebut ditanamkan dalam moralitas mereka.

Seringkali kita jumpai penyampaian hal tersebut dalam media-media hiburan jepang, baik itu film maupun manga biasanya sebelum mendapatkan kekuatan baru, si tokoh utama akan mengalami kesulitan yang besar dulu. Tidak jarang kehilangan orang yang dicintainya.

Bukan hanya dalam kisah ataupun film, dalam kehidupan sehari-hari kita benar-benar mengalami hal-hal ini.

Tidak sedikit mereka yang merasakan kehilangan, trauma, masalahan, tekanan dan hal yang tidak menyenangkan lainnya.

Kita hanya menyikapi hal tersebut dengan dua cara, dan kita benar-benar bisa melihat itu dalam masyarakat dan kehidupan sehari-hari kita.

Pertama adalah membawanya kemana-mana, baik dalam pekerjaan, sosial maupun waktu keluarga kita selalu membawa masalah di pundak kita. Hal tersebut membuat kita menjadi tertekan, murung dan tidak bahagia. Seringkali kehilangan semangat hidup, mungkin awalnya ada yang bisa tersenyum menutupinya tetapi lama kelamaan akan hilang juga topeng tersebut.

Yang kedua adalah orang yang menjadikannya sebagai pupuk, semangat dan kekuatan baru. Dari luka dan kesedihan kita belajar nilainya tawa, dari kehilangan kita belajar nilai dari waktu kebersamaan, dari kegagalan juga kita belajar banyak hal yang membuat kita lebih kuat ke depannya.

Seperti pupuk kandang, terbuat dari kotoran dan bau busuk tetapi bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan buah yang manis!


Kita tidak bisa menghindari luka dan masalah dalam hidup, tetapi kita bisa memilih bagaimana menyikapinya. Apakah kita akan menjadi lemah, tertekan dan hancur atau lebih kuat dan bahagia? Semua pilihan ada pada diri kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)