Rabu, 18 Mei 2016

The Book of Questions

Dalam pertanyaan tentang kehidupan maka kamu adalah jawabannya,
Dalam pertanyaan tentang masalah maka kamu adalah solusinya.
- Joe Cordare

Pada Agustus 2015, aku mendapat sebuah ebook yang menurutku sangat menginspirasi serta bermamfaat. Ebook itu berjudul The Book of Questions karya Gregory Stock, Ph. D. yang dikirim seorang blogger yang blognya sangat menarik untuk dibaca, Sist Po Stefanie dengan blognya F5 Please!

Setelah membaca ebook itu secara keseluruhan, aku bingung memilih pertanyaan apa saja yang sebaiknya aku tulis di blog ini, karena itu aku mengutip pertanyaan-pertanyaan yang telah dipilih oleh Sist Po untuk ditampilkan di blognya. Silahkan kunjungi blognya jika kamu menyukai tulisan-tulisan seperti berikut ini. Mari langsung kita mulai ya.



Demi suami / istri yang sangat kamu cintai, apakah kamu mau pindah ke suatu tempat yang jauh dan sangat kecil kemungkinannya untuk bertemu dengan teman dan keluarga kamu lagi?
Jika sementara waktu atau periode waktu yang singkat maka aku bersedia, namun jika bersifat permanen maka aku tidak bisa. Bagaimanapun membangun lingkungan sosial yang baru sangat melelahkan dan tidak ada yang bisa mengantikan keluarga.

 Apakah kamu percaya pada hantu atau roh jahat? Apakah kamu mau mencoba bermalam sendirian di rumah yang katanya berhantu?

Aku tumbuh di lingkungan yang memiliki kepercayaan terhadap mistik yang kental, selain itu aku juga memiliki beberapa pengalaman yang membuatku menyakini hal tersebut. Aku sudah pernah beberapa kali bermalam di tempat angker, sebagian karena kebetulan sementara lainnya karena keadaan yang mendesak.

Adakah sesuatu yang sangat mengganjal yang ingin kamu katakan pada seseorang? Jika kamu akan meninggal hari ini tanpa punya kesempatan untuk berkomunikasi dengan siapapun, akankah kamu menyesal karena belum mengatakannya? Jika iya, mengapa sampai sekarang kamu belum mengatakannya?

Iya, banyak hal yang sebenarnya ingin kukatakan pada banyak orang. Namun karena kondisi dan karakter orang tersebut, waktu yang tepat sangat diperlukan untuk menyampaikannya. Menurutku yang kusesali adalah kata maaf yang tak diterima dan kata perpisahan yang tak pernah terucap.

 Apakah kamu mau menikmati satu tahun penuh kebahagiaan tetapi setelah itu kamu tidak ingat apa yang terjadi dalam satu tahun tersebut? Jika tidak, mengapa? Menurutmu, mana yang lebih penting: kejadian nyata atau memori dari pengalaman tersebut?

Tidak, menurutku kebahagiaan adalah sesuatu yang patut dikenang, jika akhirnya tidak dapat mengingatnya, bukankah itu seperti tidak terjadi? Selain itu akan ada kebingungan karena time gap yang tercipta karenanya.
 Seorang ilmuwan menemukan obat untuk menyembuhkan artritis yang sangat ampuh. Akan tetapi, akan berefek fatal bagi 1% yang mengkonsumsinya (1 di antara 100 orang akan mengalami reaksi fatal). Apakah kamu akan mengijinkan obat ini digunakan secara umum?

Ya, selama ini setiap obat memiliki resiko dan efek samping maupun penolakan yang kuat serta alergi pada sebagian orang. Selama pemberian obat ini tepat maka ini akan bermamfaat bagi banyak orang.
 Kamu baru saja mengetahui kalau anak kesayanganmu yang berumur 1 tahun ternyata bukan anak kandungmu, melainkan anak orang lain yang tertukar saat di RS. Apakah kamu akan menuntut pihak RS dan menukar anak yang sudah kamu rawat 1 tahun ini dengan anak kandung kamu sendiri?

Tentu saja kelalaian ini perlu diperkarakan pada pihak RS untuk memberikan peringatan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi dan aku juga akan memperjuangkan anak kandungku untuk kembali padaku, bagaimanapun dia adalah darah dagingku.

 Menurutmu, dalam waktu 100 tahun lagi, dunia ini akan menjadi lebih baik, atau lebih buruk?

Jika kita melihat 100 tahun kebelakang, nyatanya dunia menjadi lebih damai. Perang tidak terjadi secara global dan juga tingkat kesehatan di mayoritas negara baik. Namun dilihat dari perkembangan teknologi, dunia ini akan menjadi lebih padat namun hubungan antar manusia akan lebih samar.

 Mana yang lebih kamu inginkan: Memenangkan pertandingan olahraga beregu atau olahraga tunggal? Dan olahraga apa yang kamu pilih?

Olahraga tunggal dan bersifat beladiri.
 Apakah kamu mau menerima USD 1.000.000 (13 miliar rupiah) untuk pergi dari negara kamu dan tidak diperbolehkan kembali lagi ke negara kamu?

Jika ada dua nol lagi, aku akan mempertimbangkannya.

Menurut budaya / adat istiadat kamu, jenis kelamin apa yang selalu diberi prioritas, mendapat banyak keuntungan dan berbagai kemudahan? Pernahkah kamu menginginkan menjadi lawan jenis kamu?

Wanita. Tidak, aku merasa nyaman dengan apa yang kujalani baik suka dan dukanya.

 Kamu diberikan kekuatan untuk bisa membunuh orang dengan mudah: memikirkan orang itu meninggal dan mengucapkan kata 'Selamat Tinggal' sebanyak 2 kali. Orang tersebut akan meninggal secara alamiah dan tidak akan ada yang mencurigai kamu. Dalam situasi apa saja kamu akan menggunakan kekuatan kamu?

Jika aku memiliki kekuatan seperti ini, mungkin aku akan menjadi pembunuh berantai atau anti-hero. Jika aku menonton berita nasional selama 1 jam, sedikitnya 5 orang yang bisa jadi sasaran kekuatan ini.

 Jika kamu bisa hidup sampai umur 90 tahun, manakah yang akan kamu pilih: Mempunyai fisik layaknya seseorang berusia 30 tahun atau mempunyai pikiran layaknya orang berusia 30 tahun?

Fisik seperti seseorang berusia 30 tahun, untuk apa aku hidup sampai 90 tahun lalu membuang 60 tahun pengetahuan itu.

 Menurut pendapatmu, sore yang sempurna itu yang seperti apa?

Hari minggu, saat matahari hampir tenggelam, langit berwarna oranye kemerahan dan turun hujan gerimis namun langit tidak mendung. Aku duduk disamping jendela sambil meminum teh hangat, memandang keluar jendela. Sambil mendengar musik klasik atau membaca buku yang menarik akan membuatnya sempurna.
 Manakah yang akan kamu pilih: Memiliki karir yang sukses namun kehidupan pribadinya kurang menyenangkan atau memiliki kehidupan pribadi yang menyenangkan namun karirnya biasa-biasa saja?

Aku yakin kehidupan pribadi yang menyenangkan akan mengantarkan kita pada karir yang baik walau saat ini biasa-biasa saja.

 Siapa yang paling kamu kagumi? Inspirasi apa yang bisa kamu dapat dari orang yang kamu kagumi itu?

Jika harus menyebutkan satu orang, sepertinya sangat sulit. Mari kita katakan diri kita sendiri, karena sanggup bertahan hingga hari ini ditengah begitu sulitnya hidup di dunia ini.
 Jika saat anak kamu lahir, kamu punya kekuatan untuk menentukan profesi anak kamu, akankah kamu menggunakan kekuatan tersebut?

Tidak, itu akan membosankan. Hidup lebih menyenangkan jika tidak bisa ditebak apa yang akan terjadi berikutnya.
 Apakah kamu mau menjadi orang yang super jelek namun bisa hidup sehat dan bugar 1000 tahun lamanya?

*Sigh* Baru 20-an tahun jadi orang jelek saja sudah banyak kesulitan yang kualami, apalagi jadi orang super jelek selama 1000 tahun?

 Jika kamu diperbolehkan memiliki satu kemampuan, kemampuan apa yang akan kamu pilih?

Menghentikan waktu, terlalu banyak hal yang ingin kupelajari, terlalu sedikit waktu yang bisa kuluangkan untuk belajar. Mengulang hari juga bagus, seperti Groundhog Day, hanya aku bisa menentukan kapan aku keluar dari time loop itu.

 Kamu mempunyai peluang untuk bertemu dengan seseorang yang sangat cocok denganmu dan membuatmu sangat bahagia. Sayangnya, kamu tahu dalam 6 bulan, orang tersebut akan meninggal dunia. Setelah tahu kalo akhirnya akan menyedihkan, apakah kamu masih ingin bertemu dengannya? Bagaimana kalo dia tidak meninggal dunia, melainkan mengkhianati kamu. Apakah kamu masih ingin bertemu dengannya?

Aku juga akan membahagiakannya selama sisa hidupnya seperti dia membahagiakanku, lagipula pada kenyataannya kita tidak pernah tahu, berapa lama lagi kita atau pasangan kita akan hidup bukan?
 
 Kamu menemukan cara supaya harta kekayaan kamu bisa berguna bagi orang banyak setelah kamu meninggal nanti. Akan tetapi, keluarga kamu hanya akan menerima sedikit bagian dari harta kekayaan kamu. Apakah kamu tetap akan melakukannya?

Tidak, lebih baik berpesan pada keluargaku untuk mengelola uang itu agar dapat digunakan membangun panti asuhan dan sejenisnya agar bisa bermamfaat jangka panjang.
 
 Bersambung ke part berikutnya..
 
 

1 komentar:

  1. Ahaha Ron ikutan juga ternyata. Asik juga bisa ngeliat jawaban-jawaban orang.

    Btw, thanks ya udah promosiin blog gw lagi :D

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)