Minggu, 01 Mei 2016

Jika Kita Bebas Menjawab..


Pernahkah ketika kamu ditanya sebuah pertanyaan yang umum, terkadang bersifat psikologis, kamu menjawabnya berbeda dengan yang kamu sebenarnya pikirkan? Aku seringkali merasa demikian, ada ketidak nyamanan untuk menjawab dengan bebas atau kreatif.

Seringkali juga aku mendengar pertanyaan-pertanyaan yang bersifat basa-basi, namun terlalu basi. Contohnya saat aku naik kereta api beberapa waktu yang lalu...

Seorang pria paruh baya yang duduk di sebelahku membuka pembicaraan denganku, "Mau kemana dek?"

Yang terlintas dipikiranku adalah jelas dia sudah tahu tujuanku kemana, karena kami menaiki kereta yang sama dengan satu tujuan. Apakah bapak ini benar-benar ingin tahu kemana diriku atau dia memastikan dirinya menaiki kereta dengan jurusan yang benar.

Aku hanya menjawab, "Ke Medan Pak." lalu disambut dengan pernyataan si bapak sambil tersenyum, "Oh sama ya, saya juga ke Medan.."

Lalu aku berandai, jika kita bisa bebas menjawab sesuai keinginan kita mungkin akan banyak situasi seperti ini...

P : Penanya
J : Penjawab

P : Jika kamu terkena flu, apa kamu akan tetap masuk kantor?
J : Tentu! Karena berbagi itu indah.

P : Apakah ada sesuatu yang salah jika kamu berbicara dengan boneka?
J : Tidak, sesuatu yang salah jika mereka mulai berbicara kepadamu.

P : Mengapa kamu memilih universitas ini?
J : Agar anda tetap bisa bekerja disini.

P : Apa anda pernah berbicara dengan diri sendiri?
J : Ya, terutama saat aku butuh pendapat seorang ahli.

P : Apa anda memiliki ingatan yang baik?
J : Sayangnya tidak, tapi apa pertanyaan anda barusan?

P : Menurut anda apakah keabadian bisa dicapai?
J : Ya, jika manusia mulai meneliti penyebab sebatang rokok memotong usia manusia 5 menit sementara tertawa memperpanjang usia 10 menit.

P : Diam adalah emas, apa anda setuju?
J : ....

P : Apa yang anda lakukan jika mengalami kesulitan tidur?
J : Aku mulai menata kamarku seperti ruangan kantorku.

P : Anda tipe pekerja sendiri atau tim?
J : Aku lebih suka bekerja dalam tim yang membuatku bisa bersantai, ada seseorang yang suka mengerjakan semuanya sendirian dalam tim itu.

P : Menurut anda apa yang anda lakukan untuk bisa dicari oleh banyak orang?
J : Jika aku merampok sebuah bank, kurasa orang-orang akan mulai mencariku.


Bagaimana kalian menjawabnya?

2 komentar:

  1. hahaha..... sayang semua jawaban di atas hanya ada di kepala doang tanpa bisah di ucapkan

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)