Jumat, 22 April 2016

Kehilangan dan Kemalangan

Kau hanya akan tahu betapa kuat dirimu saat..
Memaafkan mereka yang tidak merasa bersalah,
Menerima permintaan maaf yang tak pernah terucap.

Apa yang seseorang lakukan saat mendapat kejadian buruk diikuti dengan perlakuan tidak adil dan kemalangan lainnya? Aku sendiri bingung dan memutuskan untuk duduk dan menulis di blog.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 20 April 2016, saat sedang asyik-asyiknya menulis beberapa tulisan yang sudah lama tertunda, mendadak pintu kamar kostku diketuk. Kebenaran saat itu aku memang sedang berganti pakaian untuk membeli makan malam sebelum melanjutkan menulis lagi, ternyata ketukan itu berasal dari penjaga kostku. Setelah beberapa pertanyaan dia tanyakan, terlontarlah sebuah pernyataan, "Sepertinya kereta (sepeda motor)mu hilang".
Mendengar hal tersebut aku turun ke bawah, melihat sepeda motor yang telah kuparkir dengan baik dan kukunci ganda telah hilang dari tempatnya. Yang terlintas dari pikiranku saat itu, "Hm.. okay.."

Aku bertanya lebih lanjut kepada penjaga kost lalu melaporkan kejadian ini ke polisi. Setelah proses yang cukup panjang di TKP maupun di kantor polisi, sepertinya sepeda motor itu sudah sulit kembali.

Pihak pemilik kost dan penjaga kost yang telah lalai menjaga keamaan kendaraan yang diparkir di area kost nyatanya menolak bertanggung jawab bahkan tiada kata maaf yang terdengar sampai detik ini. Belum lagi pada perjalanan pulang dari kantor hari ini, aku bersama temanku ditilang dengan alasan yang terlalu dibuat-buat, seperti biasa uang "damai" dikeluarkan.

Sesampainya di kost, melihat penjaga kost menjauhiku, aku memilih untuk segera masuk ke kamar. Aku berbaring sejenak, menatap langit-langit dan berpikir kembali kejadian 2-3 hari ini. Sepeda motor itu telah dibayar cash, sehingga kerugianku mencapai hampir Rp 30 juta, diperlakukan tidak adil dan mendapat kemalangan lain. Ya, ternyata hal ini cukup besar pikirku.

Sebelumnya aku tidak terlalu memikirkannya, karena rekan sekantorku bersama dengan pemilik perusahaan menanyakan hal yang bernada sama, "Kenapa kamu masih bisa bekerja? Kenapa kamu terlihat baik-baik saja?"

Menurutku musibah yang kudapat adalah urusan pribadi, sementara kerja merupakan kewajiban. Lagipula marah, depresi dan menangis tidak akan membuat keadaan jauh lebih baik. Alasan lain, aku pernah kehilangan seorang Ibu, secara materi aku pernah kehilangan lebih banyak. Bukannya tidak kusesali kerugian yang kualami atau menganggap sepele, aku hanya menyadari hal lain.

Selama beberapa tahun ini, aku telah menjalani hidup tanpa masalah yang berarti. Dibanding hidup orang lain apa yang kualami masih jauh lebih baik. Ini merupakan bagian dari hidup dan proses menuju kehidupan yang lebih baik. Seperti roda hidup kadang di atas, dan saat ini sedang di bawah.

Jika mencari siapa yang salah, tentu salah pencuri tersebut. Hidup adalah proses dengan masalah yang tidak pernah lepas darinya.

Oh ya, karena masalah ini aku pastinya pindah kost, sementara kost yang baru tidak memiliki wifi. Aku akan mencari cara untuk tetap bisa menulis lagi, beberapa bulan ini sudah terlalu banyak meninggalkan blog ini. Aku harus bisa komitmen untuk menulis lagi di blog ini, karena banyak sekali hal yang ingin kutulis namun selalu tak terpublis di sini.

Kuharap harimu menyenangkan.


R.I.P.

Victory 6825
7 January 2016 - 20 April 2016

2 komentar:

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)