Senin, 27 Juli 2015

Sebuah Catatan, Pria yang pernah ingin menjadi Dokter

Setiap pasien membawa dokternya sendiri, di dalam dirinya.
- Norman Cousins, 
orang pertama yang menemukan metode menyembuhkan penyakit dengan tertawa


Ketika sedang membongkar kardus lama, aku menemukan beberapa catatan yang telah lama kutinggalkan. Catatan dimana aku masih mengejar impian menjadi seorang dokter bedah.

Dulu karena aku memiliki seorang Ibu yang menderita kanker, aku berusaha menjadi seorang dokter. Aku mempelajari begitu banyak hal tentang dunia kedokteran dan obat-obatan kimia. Saat itu aku mencatat semuanya ke dalam lebih dari 10 buku.

Hal itu akhirnya terhenti ketika Ibuku meninggal, aku merasa semuanya menjadi sia-sia. Aku belum berhasil menemukan cara mengobati kanker setelah mempelajari begitu banyak hal waktu itu. Kupikir aku telah membakar semua catatan itu, ternyata ada beberapa yang tersisa. Aku berniat melakukan hal yang sama, yaitu membakarnya tetapi sebelum itu aku akan menulisnya disini.

Aku sendiri masih mengingat isi seluruh buku yang kubakar itu, entah kenapa aku tidak pernah bisa melupakannya. Mungkin karena saat itu aku belajar sangat keras dan tekun. Inilah catatan-catatan yang tersisa dari seseorang yang pernah bermimpi menjadi dokter.

Endoskop : Kamera lambung
Scalpel : Pisau Bedah

Heart Maker / Jantung Buatan : Alat pengganti jantung untuk menyalurkan darah keseluruh tubuh dalam bentuk zat asam. Berdasar inilah operasi jantung bisa dilakukan.

Ileus / Penyumbatan Usus : Saluran usus tersumbat yang ditandai dengan muntah-muntah dan rasa sakit yang hebat.
-> Ada penyumbatan dan perluasan. Diperlukan tindakan gesit dalam menanganinya. Dulu, ada orang yang dioperasi bagian perutnya, namun timbul masalah karena ada keterkaitan dalam perutnya.
Benda yang tertembus sinar X : Sesuai hurufnya, Sinar X menembus benda seperti kacang, permen dan udara yang mengisi paru-paru. Sifat tembusnya itu ditandai dengan warna hitam pada foto rontgen.
Limpa : organ dalam lambung yang mengatur kekebalan tubuh dengan mengalirkan hemoglobin ke hati untuk membunuh kuman-kuman jahat.
Informed Consent : Penjelasan yang diberikan dokter kepada pasien sebelum menjalani operasi.
HOT : Istilah untuk pasien yang perlu tindakan darurat karena menyangkut hidup matinya.
Vasopressor / Pressure Medicine : Obat yang diberikan untuk menaikan tekanan darah.
Reparoskopi / Operasi dalam rongga perut : Operasi yang berpedoman pada kamera lambung yang dimasukan dalam rongga perut lalu ditampilkan di monitor. Sering dipakai dalam operasi kantung empedu dan usus buntu. Dibanding operasi pembukaan, kerusakan bagi pasien lebih sedikit dan bisa diandalkan oleh pasien yang harus cepat kembali beraktivitas.
Kumpulan Gejala urat tangan : Penyakit yang disebabkan oleh tertekannya saraf tengah yang melewati telapak tangan sehingga jari kesemutan dan sulit memegang benda.
Lyme disease :Penyakit menular yang berasal dari amerika dengan masa inkubasi 1 hingga 3 minggu. Jika terlambat dikenali, penyakit ini akan menyebabkan radang sendi tetapi jika cepat diketahui dapat disembuhkan dengan antibiotik. Penularannya melalui perantara kutu busuk diladang atau gunung.
Penyumbatan Pembuluh darah otak : Penyumbatan pembuluh darah di otak oleh darah mengeras yang terfoto putih oleh MRI.
Hemoglobin : Bertugas menyuplai dan mengikat oksigen pada sel di dalam tubuh.
Copper : Gunting bedah (ada berbagai jenis, seperti mayo massenbaum.)

Anviu Bag : Alat untuk pernapasan buatan dengan gerakan tangan.

PTR / Kateter : Selang halus yang dimasukan ke pembuluh darah paha atas untuk mengalirkan obat ke bagian yang sakit secara langsung dan cara untuk menghancurkan pembekuan darah.

Melanoma (Bintik Hitam Ganas) : dikenal juga sebagai kanker tahi lalat. Kita harus hati-hati jika diameter tahi lalat lebih dari 7mm dan terus membesar sampai garis kelilingnya memudar, tapi tidak perlu khawatir jika diameternya kurang dari 7mm. Orang biasa sulit mengetahunya, sebaiknya menghubungi dokter ahli.

Pembekakan retina : pembengkakan mata disebut juga sakit otak karena peningkatan tekanan dalam otak. Gejala yang terlihat pada mata bisa dilihat dengan lensa mata yaitu retina yang terlihat kabur.

Persentase hidup dan waktu berhentinya jantung adalah :
1 menit : 97%
2 menit : 90%
3 menit : 75%
4 menit : 50%
5 menit : 25%
10 menit : 0%

Ephedrine (EPH) : memiliki struktur yang sama dengan Amphetamine dan Methaphetamine ( C10H15NO )

Pertolongan Pertama kepada orang tenggelam : Tepat ditengah, satu jari dibawah garis yang menghubungkan puting. Letakan dua jari disini, lalu tekan 100 sampai 200 kali dalam 1 menit dengan ke dalaman 1,5 sampai 2,5 cm lalu menekan jantung. Setiap 5 kali menekan jantung, lakukan pernapasan buatan 1 kali, lakukan berulang. Lubang hidung jangan sampai tertutup, tekanan pada jantung juga tidak terlalu kuat.
Pertolongan tersebut untuk anak usia hingga 8 tahun.
Usia anak sekolah, tekan jantung 5 kali beri nafas buatan 2 kali.
Usia dewasa, tekan jantung 15 kali beri nafas buatan 2 kali.
Memori Air Ketuban : Orang dewasa menggunakan oksigen untuk membuat energi dari glukosa (metabolisme gula), sedangkan anak-anak tidak menggunakan oksigen. Energi dibuat dari lemak dan asam laktat (metabolisme lemak). Fungsi metabolisme lemak masih bekerja sampai usia 6 tahun dan ketika seseorang tenggelam, fungsi itu bekerja kembali.
Scalpel Listrik : memotong sistem tubuh dengan listrik panas, bisa digunakan untuk memotong diafragma torso, selain untuk memotong bisa digunakan juga untuk membekukan darah.
Incisi : Istilah untuk sayatan dalam ilmu bedah.
Penggembungan arteri besar akut : ditandai dengan sakit dada, punggung, dan perut hebat yang berpindah-pindah karena memerlukan penanganan darurat harus segera dipindahkan ke rumah sakit.
Tube Equipment / Pasang Pipa : Memasukan tube ke saluran nafas pasien yang sakit berat agar pernafasan bisa dikontrol.
1. Buka tenggorokan dengan tuas tenggorokan.
2. Masukan tube pernafasan ke saluran nafas.
Lever : Organ dalam yang banyak pembuluh darahnya. Operasi yang dilakukan pada organ bagian dalam ini biasanya sulit dan membutuhkan waktu yang lama.
Gauze Packing / Pembungkusan Perban : Digunakan untuk menghentikan pendarahan pada lever yang meledak. Disekitar luka ditutupi dengan Gauze (perban) untuk menghentikan pendarahan.
Menurut kode etik kedokteran, seorang dokter tidak boleh mengobati dirinya sendiri tapi boleh diobati oleh dokter yang seprofesi dengannya.
Fascia : Selaput pembungkus otot.
Surfer's Ear / Diver's Ear : Suatu penyakit yang sering diderita nelayan dan atlet air yaitu berkembangnya tulang disekitar saluran telinganya yang menjadi dinding di depan gendang telinga. Tidak bisa kembali seperti semula dengan sendirinya sehingga harus diobati dengan operasi.
Inner Fire Scale / Luka Bakar Dalam : Kalau menghirup hawa panas saat kebakaran, walaupun tubuh luar tidak terluka tetapi biasanya paru-paru dan saluran nafas yang akan terluka bakar.
Luka bakar yang disebabkan hawa panas ada dua yaitu luka bakar saluran nafas dan pembengkakan paru-paru. Gejala luka bakar saluran nafas berlangsung 12 hingga 15 jam dan akhirnya menyebabkan pembengkakan paru-paru yang muncul 2 hingga 3 jam kemudian. Berhati-hatilah kalau buku hidung terbakar dan di lubang hidung ada jelaga.
Radang Otot Jantung : Demam, muntah, rasa jemu merupakan tanda sudah menularnya virus demam pada otot yang menggerakan jantung sehingga memunculkan peradangan, karena gejalanya mirip demam, sulit mendiagnosisnya dan saat ditemukan sudah sangat parah.
Hemostatis : Menghentikan pendarahan.
Ballon Pumping : Ballon Pumping dalam arteri dikiriman sampai ke pembuluh darah jantung balon yang kempes dari pangkal paha. Itu cara menyelamatkan dengan pump jantung dengan mengembung dan mengempiskan balon. Digerakan dengan ritme yang sama dengan jantung bisa menggerakan jantung yang lemah.
Tang penahan pembuluh darah (sebagian besar mirip gunting) : Ada dua jenis tang yaitu untuk pembuluh darah yang tebal dan penahan darah serta sistem tubuh.
Contoh :
Pean : Umumnya digunakan untuk bagian dalam.
Kocher : Digunakan untuk otot dada dan perut.
Pean dan Kocher yang paling umum digunakan untuk menjepit pembuluh darah dan menghentikan darah.
Kery : Pean yang panjang.
Mosquito : Pean yang pendek (ada juga yang berkait) ada yang ujungnya lurus, ada yang berbentuk siku.
Tang Penahan Darah (Tidak menggunakan  kait ) : Tang yang digunakan untuk menutup arteri dan vena dengan ukuran tertentu karena itu aliran darah benar-benar dihentikan agar tidak melukai pembuluh darah. Contoh : Dobey Key, Curry Statens key, Bulldog
Free Air : Gas yang keluar dari bocoran lambung.
Intussusception / Sliding : Salah satu penyakit pencernaan akut. Sebagian saluran usus tergelincir ke dalam rongga usus besar dan menyebabkan gangguan pencernaan. Gejala yang sering terlihat adalah sakit perut sembelit dan kotoran yang bercampur darah.
Suction : Alat untuk menyedot darah atau cairan lain yang keluar dari tubuh. Darah dan cairan tubuh yang dapat mengganggu jalannya operasi dan kadang dapat menutupi organ tubuh yang hendak dijangkau (Jika volume cairannya kecil dapat dibersihkan dengan kasa steril ). Penghisapan menggunakan tube yang dipasang pada suction. Pada masa lalu sebagian besar tube suction terbuat dari logam tapi tube suction zaman sekarang dari plastik sekali pakai.
 Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) : Kadar oksigen pada penderita PPOK biasanya berkisar antara 70-80% dan lama-lama tubuhnya akan terbiasa dengan kondisi itu. Kalau kita tambahkan oksigen padanya itu sama halnya dengan menuangkan air di mangkuk kecil yang sudah penuh air dan kondisinya akan memburuk.

Endotracheal Tube : Selang ini dipasang pada saluran pernafasan luka berat (atau memiliki kemungkinan luka berat) agar dokter dapat mengendalikan nafasnya.

Medulla Spinalis : Syaraf tulang belakang

Mengi : Bunyi yang terdengar jika udara melewati suatu saluran terdengar seperti "Fyuuh" atau "Hiiih". Ini adalah gejala dari beberapa jenis penyakit paru (tapi tidak terdengar bila kondisi pasien sudah parah.)

Delayed Bleeding : Pendarahan yang terjadi beberapa jam sampai beberapa hari setelah pasien mengalami trauma. Pasien kelihatan baik-baik saja pun kondisinya dapat turun secara drastis.

Mesenterium : Bentuknya seperti lembaran tipis yang menempel pada usus halus dan banyak mengandung pembuluh darah Apabila pembuluh darah ini robek maka akan mengakibatkan pendarahan.

Heart Attack / Serangan Jantung : Peristiwa penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung sehingga aliran darah ke jantung dan gerakan jantung terganggu. Ini adalah keadaan gawat darurat yang harus ditangani segera.

Katup Jantung : Jantung memliki 4 buah katup yaitu aorta, atriopulmonale, trikuspidalis, bikuspidalis yang berfungsi mencegah darah mengalir ke arah yang berlawanan. Kalau katup ini tertutup rapat maka darah tidak bisa mengalir ke jantung.

IVH : Selang penyalur zat makanan yang dimasukan ke tubuh pasien yang tidak dapat makan.

Messer : Ahli bedah dalam bahasa Jerman.

Kateter Urin : Selang yang dimasukan ke dalam saluran kemih untuk mempelancar pengeluaran urin.

Renjatan Panas (Heat Shock) : Suatu kondisi yang diakibatkan oleh paparan panas pada tubuh. Kondisi pasien dapat dipulihkan dengan diletakan di tempat sejuk atau dinginkan tubuh pasien. Pemberian cairan tambahan dan dektrolit juga sangat membantu pemulihan.

Pheochromocytoma : Sejenis penyakit yang langka. Gejalanya adalah tekanan darah yang tinggi, sakit kepala dan demam. Penyakit dapat kambuh bila pasien menunduk atau mengangkat benda berat. Kalau dibiarkan dapat mengakibatkan payah jantng dan kerusakan otak.

Hypoglikemi : Anjloknya kadar gula dalam darah. Pada kondisi tertentu dapat mengakibatkan kesulitan konsentrasi dan perubahan perilaku mendadak pada pasien.

Obstructive Sleep Apnoe : Gejalanya adalah suara dekuran yang tiba-tiba terhenti dan suara nafas yang terhenti sesaat. Penyakit ini sering terjadi pada penderita obesitas. Pada penyakit ini bila pasien tidur, pangkal lidah akan menutup saluran pernafasan dan akibatnya pernafasan akan terhenti sesaat. Jika sesak nafasnya hebat maka pasien akan terbangun sesaat untuk mulai bernafas lagi karena itulah sebagian besar penderita tidak menyadari penyakit ini. Kalau menderita penyakit ini maka tubuh akan tetap merasa kelelahan walau sudah cukup tidur.

Astrap : Analisa komposisi darah dalam arteri.

Anisakis : Cacing parasit yang sering terdapat pada ikan kakap, cumi-cumi dan binatang laut lainnya. Gejela akan timbul 3-8 jam setelah cacing tertelan. Pasien akan merasakan nyeri yang sangat kuat dan rasa mula ketika cacing berusaha masuk ke dinding saluran pencernaan. Terapinya adalah dikeluarkan dengan bantuan alat endoskopi.

Bedah Rekonstruksi : Cabang ilmu bedah untuk menghilangkan atau mengurasi bekas luka atau cacat yang ada dipermukaan tubuh. Termasuk membuatkan jari,kaki atau lengan buatan  untuk pasien yang diamputasi.

Omentum Majus : Selaput tebal berwarna kuning yang melekat pada lambung dan menutupi usus halus. Di dalamnya terdapat pembuluh darah tapi bukan organ yang penting bagi kehidupan.

Peptic Ulcer : Terbentuknya lubang di dinding lambung. Dapat dicetuskan oleh stress dan alasan lain. Peptic Ulcer dapat menyebabkan pendarahan dan nyeri yang hebat serta hanya bisa disembuhkan total melalui operasi.

Syncope : Tekanan darah rendah dan anemia. Volume aliran darah yang berkurang mendadak pada otak adalah akibat tekanan darah yang rendah sedangkan anemia adalah kekurangan sel darah merah.
Cara mengatasinya adalah pertama longgarkan kancing dan ikan pinggang kemudian baringkan dengan posisi kaki lebih tinggi supaya darah lebih mudah mengalir ke kepala.

Foy : Bekerja untuk meringankan peradangan pankreas.

Benang Operasi : Terbagi menjadi dua jenis yaitu Absorbable (bisa diserap tubuh) dan non-Absorbable. Ada juga benang alami atau jenis buatan. Jenis dan besarnya juga berbeda-beda.
Contoh benang Absorbabel : PDS, Maxon, Dickson
Contoh benang Non-Absorbable : Nylon Ployester
Pada operasi saluran pencernaan biasanya dokter memakai benang Absorbable, sedangkan untuk operasi jantung/ pembuluh darah biasanya non-Absorbable. Angka yang tertera misal 2-0 menandakan ukuran benang tersebut.
Untuk menutup bekas operasi diperut biasanya menggunakan benang ukuran besar agar tidak terbuka lagi, sedangkan operasi wajah memakai benang kecil supaya tak meninggalkan bekas luka.

Tamponade Jantung : Kondisi terdapatnya cairan pada rongga diantara jantung dan pericardium (selaput pembungkus jantung) yang mengakibatkan jantung tak dapat berdenyut dengan bebas. Kondisi ini dapat terjadi akibat berbagai penyakit.

Ascites : Penumpukan cairan dirongga perut.

Bedah Cesar : Operasi untuk mengeluarkan bayi dari dalam rahim Ibu apabila terdapat beberapa penyulit yang akan membahayakan bila dilakukan kelahiran normal misalnya posisi sungsang, tubuh bayi terlalu besar atau mengidap penyakit.

Stricture : Pelekatan antara organ tubuh. Stricture pasti akan terjadi bila terdapat peradangan hebat atau bekas luka operasi dalam rongga perut. Butuh keterampilan bedah yang sangat tinggi supaya tidak terjadi Stricture. Salah satu kunci keberhasilan operasi berulang adalah bagaimana melepas stricture yang terjadi akibat operasi berikutnya.

Gamma Knife : Alat bantu bedah yang memamfaatkan radiasi sinar gamma yang terpancar dari 8 titik dalam kadar rendah untuk melakukan operasi pada bagian otak dalam. Dengan bantuan alat ini, resiko kerusakan pada bagian otak yang masih sehat akan berkurang.

CT Scan 3 Dimensi : Bisa menciptakan gambar 3 Dimensi dari hasil scanning dengan bantuan komputer. Dengan itu kita bisa mengetahui penyakit pasien lebih mudah.

Hook : Alat untuk menarik kulit atau otot untuk memperluas areal operasi. Biasa dipegang oleh asisten bedah 2.

Drain : Pipa untuk membersihkan nanah, darah atau cairan lainnya dari luka.

Belajar membaca gambar menjadi 3 dimensi :
1. Tempatkan 2 buah gambar (foto depan-belakang atau kanan-kiri objek yang sama) bersebelahan dan sebuah pensil ditengah-tengahnya. Pusatkan perhatian pada pensil sambil dekatkan pensil ke wajah secara perlahan.
2. Hentikan pensil pada saat gambar terlihat menjadi 3 buah.
3. Alihkan perhatian pada gambar ke-3 secara perlahan
4. Singkirkan pensil dari depan gambar secara perlahan dan lihat hasilnya.

Malaria : Sejenis penyakit yang disebarkan oleh nyamuk Anopheles dan umumnya terdapat di daerah tropis dan subtropis. Penyakit ini ditandai oleh pola naik turun demam dalam interval 3-4 hari tergantung jenisnya dan hancurnya sel darah. Pada keadaan yang berat dapat mengakibatkan pembesaran limpa dan pendarahan dalam, sehingga mengancam nyawa pasien.

Ruptur Jejunum : Pecahnya usus kecil dapat diakibatkan oleh trauma dari luar sehingga tekanan udara yang lebih tinggi di dalam usus kecil menekan dinding usus kecil kemudian robek dan terbentuk lubang. Pendarahan terjadi secara lambat karena itu lebih sulit dideteksi.

Dopamine (C8H11NO2) : Vasodilator berbentuk injeksi untuk gagal jantung atau gagal ginjal.

Meningioma : Tumor yang terdapat pada syaraf tulang belakang. Meningioma dapat menekan syaraf sehingga pasien merasa lemas dan nyeri syaraf di tangan dan kaki serta kesulitan buang air besar. Umumnya terjadi pada orang dewasa di atas 30 tahun, tetapi kadang dapat terjadi pada anak-anak. Sebagian besar bersifat jinak dan dapat disembuhkan dengan operasi.

Anti Shock Trouser : Pada saat mengalami kecelakaan atau kondisi darurat, organ tubuh yang paling memerlukan pasokan darah adalah otak dan jantung. Kalau dua organ penting itu sudah aman maka nyawa pasien tidak dalam bahaya tetapi pada tubuh manusia darah lebih mudah menumpuk pada bagian bawah tubuh.
Bagian atas tubuh, pusar ke atas biasanyanya menampung 40% volume darah sementara sisanya terdapat dibagian bawah karena hal ini diciptakan sebuah alat untuk memberi tekanan pada bagian bawah tubuh agar darah bisa mengalir ke bagian atas tubuh yaitu Anti Shock Trouser.
Biasanya terdapat di mobil ambulans. Alat ini awalnya ditemukan sebagai alat perang, digunakan oleh pilot pesawat pembom pada perang dunia ke-2 untuk mencegah pilot pingsan karena darah terkumpul dibagian tubuh bawah, selain itu alat ini digunakan untuk meningkatkan konsentrasi.

Septic Shock : Bila saluran pencernaan pecah maka benda dan bakteri didalamnya akan tumpah ke rongga perut dan mengakibatkan shock akibat infeksi. Jarang terjadi pada lambung dan usus 12 jari tetapi jika terjadi bisa membahayakan nyawa.

Palpatio : Melakukan pemeriksaan dengan rabaan.

Pemeriksaan Darah : Setiap kali datang pasien gawat darurat, dokter jaga akan selalu mengeluarkan perintah "Analisa Gas darah", "Hitung jenis darah" dan "Kimia Darah". Itu adalah jenis-jenis pemeriksaan darah. Pemeriksaan darah merupakan dasar dari semua pemeriksaan lain.
Pemeriksaan hitung jenis darah mencakup penghitungan sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit).
Dengan pemeriksaan ini, kita akan tahu adanya anemia, alergi dan lainnya.
Hal yang diketahui dari hitung jenis darah :
- Penyakit yang dapat ditemukan pada perubahan eritrosit : Anemia, Pendarahan, dll
- Penyakit yang bisa ditemukan pada perubahan jumlah leukosit : Leukimia, Infeksi, Alergi, dll
- Penyakit yang bisa ditemukan pada perubahan jumlah trombosit : Beberapa jenis leukimia, kelainan pembekuan darah, malaria, dll

Pemeriksaan Kimia darah mencakup banyak hal, diantaranya kolestrol, elektrolit, gula darah dan lainnya.
Analisa gas darah adalah pemeriksaan untuk mengetahui kondisi pernafasan pasien. Pemeriksaan ini dilakukan jika pasien mengalami taruma dada atau ada tanda-tanda gangguan nafas, dari pemeriksaan inilah diketahui apakah perlu pemasangan masker oksigen.
Ketiga jenis pemeriksaan darah dikerjakan sesuai dengan kondisi pasien.

Pulse Oximeter : Alat yang digunakan untuk mengukur tekanan oksigen dalam darah (PAO)

Gerakan Heimlich : Gerakan yang dilakukan saat darurat untuk melepaskan benda asing yang tersangkut disaluran nafas. Caranya adalah mendekap pasien dari belakang sambil mengepit dada pasien lalu dihentak dengan keras. Untuk pasien dibawah 10 tahun sebaiknya tidak dihentak terlalu keras karena dapat beresiko cedera jantung.

Cardiac Stress Test : Pemeriksaan untuk menentukan batas kemampuan kerja jantung. Caranya adalah dengan melakukan gerak tubuh yang terukur sampai batas tertentu sambil memeriksa kondisi jantung.

Sindrom WPW : Diakibatkan oleh adanya jalur sinyal listrik tambahan yang abnormal antara atrium dan ventrikel jantung yang mengakibatkan detak jantung terganggu. Sehari-hari pasien sindrom WPW terlihat normal tapi pada saat penyakitnya kambuh, kondisinya bisa langsung memburuk. Sindrom ini dapat dideteksi dengan pemeriksaan EKG tetapi ada kemungkinan gelombang abnormal tidak muncul dan hanya muncul ketika kambuh.

Metode Batista : Metode operasi cardiomegaly yang ditemukan pada tahun 1980an. Selama 10 tahun pertama, metode ini dianggap terlalu berbahaya tapi sejak tahun 1990an mulai menyebar keseluruh dunia dan menjadi salah satu metode standar bedah jantung.

LVH (Left Vertricular Hypertrophy) Cardiomegaly : Melemahnya otot jantung yang menyebabkan ukuran jantung membesar terutama pada vertrikel kiri yang akhirnya menyebabkan kekuatan denyut jantung menurun. Jantung normal berukurang segenggam tangan tapi pada LVH Cardiomegaly jantung dapat membesar hingga sampai ukuran buah melon, dapat terjadi pada semua umur dan jenis kelamin.

Kuman Salmonella : Salah satu jenis kuman yang dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan. Masa inkubasinya 8-48 jam dan gejalanya adalah demam serta diare. Bila terjadi komplikasi dapat menyebabkan bahaya. Kuman ini dapat berkembang biak di masakan dari telur atau daging yang tidak disimpan dengan baik.

Aneurisma Aorta Abdominalis : Terjadinya pelebaran pembuluh Aorta akibat melemahnya sebagian dinding Aorta. Biasanya terjadi akibat perubahan pada pembuluh darah, tapi juga dapat disebabkan oleh penyakit lain. Seringkali tak disertai gejala atau rasa nyeri tetapi jika sudah pecah dapat mengakibatkan pendarahan hebat yang mengancam nyawa. Kalau menemukan sesuatu yang berdenyut di tempat yang tak seharusnya sebaiknya segera ke rumah sakit.

Bedah Ortopedi : Cabang ilmu bedah yang khusus menangani tulang dan persendian oleh karena itu banyak berperan dalam kasus patah tulang, radang sendi dan hernia. Bedah ortopedi adalah sebuah pekerjaan yang berat karena tugas operasinya sangat banyak, termasuk mengebor tulang, memasang pin dan sebagainya. Tulang bila terkontaminasi bakteri akan sulit diobati karena itu, dokter bedah ortopedi memakai baju bedah khusus yang kebersihannya lebih terjamin (Seperti baju astronot).

Hernia Nucleus Pulposus : Tertekannya tulang rawan disela tulang punggung (Nucleus Pulposus) sehingga menekan serabut syaraf dan dapat mengakibatkan nyeri berat. Dapat disembuhkan dengan operasi tetapi keberhasilan pemulihan pasca operasi sangat bervariasi.

Terapi Anestesi Blok : Metode memperbaiki sebagian tubuh dengan memberikan anestesi pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

Cardiac Tamponade : Kondisi gawat dimana cairan menumpuk dipercardium (selaput jantung).

Pain Clinic : Klinik khusus yang melayani pasien dengan keluhan berbagai macam nyeri. Keluhan yang dapat ditangani Pain Clinic adalah sakit kepala dan nyeri wajah, sakit kepala sebelah, vertigo, nyeri trigeminal (nyeri bagian wajah pada dahi,pipi dan rahang.), Nyeri orbita (lingkar bola mata), alergi hidung, nyeri kronis, dan lain-lain.

Hemosat : Alat penjepit pembuluh darah yang digunakan untuk menghentikan pendarahan. Hemostat yang memiliki kuncian diujungnya disebut Cochel, yang tidak memiliki kuncian disebut Pean. Bila ingin menjepit pembuluh darah tanpa resiko luka maka biasa digunakan Pean.

Pembekakan darah dibawah membran keras : Darah tertanam dibawah membran keras yang menyelimuti bagian luar otak sehingga perlu dirawat segera.

Poliklinik : Mahasiswa kedokteran bertugas ditiap di dalam rumah sakit untuk berhubungan langsung dengan pasien dan melakukan praktek sebagai rujukan untuk menentukan spesialisasinya.

Disosiasi Aorta Akut : Lubang pada membran di dalam aorta terbuka sehingga keluar darah dari celah antar membran. Ciri khasnya rasa sakit pada dada, pundak dan perut yang amat sangat dan terkadang rasa sakit berpindah.

Gejala Pelabaran Pembuluh Tenggorokan : Penyakit dimana pembuluh tenggorokan melebar karena alasan tertentu dan dahak terkumpul di dalamnya. Merupakan penyakit bawaan dengan batuk berdahak sebagai ciri khasnya dan terkadang menimbulkan dahak berdarah.

Radiologi : Bagian yang melakukan perawatan medis dengan radiasi dan kateter, juga bagian khusus memotret dan membaca CT Scan dan Rontgen.

Gejala Perubahan  Pembuluh Darah Besar Perbaikan :  Penyakit bawaan, dimana bilik kiri jantung menyatu dengan bilik kanan. Berbeda dengan jantung normal. Gejalanya seringkali tidak terlihat karena sirkulasi darah normal namun harus dibedah apabila terjadi komplikasi antara gagal sekat bilik jantung dan denyut nadi tidak normal.

Penyakit Batu Ginjal : Penyakit dimana batu sebagai komposisi cairan empedu yang mengeras dalam kandung empedu menimbulkan rasa sakit yang luar biasa di bagian perut. Sering disangka sakit lambung, namun punya ciri khas dimana rasa sakitnya timbul saat mulai tidur beberapa jam setelah makan malam. Gejelanya bermacam-macam tergantung tempat terbentuknya batu ginjal.

Sindrom Kompartemen : Mudah terjadi sebagai komplikasi luka bakar atau patah tulang, dengan ciri khas rasa sakit yang amat sangat dan obat penghilang rasa sakit tidak bekerja. Perlu penanganan darurat dari dokter ahli. Rasa sakit sering terjadi setelah bergerak, bila penyakitnya kronis.

Pankreas : Organ dalam yang penting dalam menghasilkan enzim pencernaan serta beberapa hormon seperti insulin yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas dan berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah. Operasi terhadap pankreas sangat sulit karena organ ini berhubungan dengan beberapa organ penting lainnya seperti pembuluh darah, usus 12 jari dan Commonbile duct.

Isodine : Desinfektan sebelum dan sesudah operasi, mencegah infeksi pada luka, kompres luka bernanah desinfektan pada pemasangan kateter dan infus.

Duodenal Ulcer atau Bisul pada ussu 12 jari : Terlukanya dinding usus 12 jari akibat stress dan lainnya. Bila semakin parah bisa terjadi pendarahan dan dinding usus juga berlubang. Bisa disembuhkan dengan obat tetapi untuk yang sudah parah harus melalui operasi. Anak Remaja lebih sering terkena penyakit ini dari penyakit tukak lambung.

Anaphylactic Shock : Saat tubuh mengalami reaksi alergi yang hebat, tekanan darah akan menurun sehingga pembuluh darah yang detil sekalipun akan terbuka dan berada dalam kondisi shock.
Kondisi Shock akibat obat, makanan, racun lebah, bisa ular,dsb yang masuk ke dalam tubuh sehingga menimbulkan reaksi alergi yang hebat seperti mengalami rasa sakit diseluruh tubuh, bintil-bintil pada kulit, menurunnya tekanan darah, sulit bernafas dan sembap.

Solucortef (Hydrocortisome) : Digunakan untuk mengatasi alergi dan peradangan serta menyuplai cortisol alami bila produksinya terlalu rendah.

Latex : Sejenis elemen yang dihasilkan dari karet mentah. Banyak digunakan untuk sarung tangan dan kondom. Dapat menimbulkan alergi, tergantung pada tiap individu.

Suction Apparatus : Alat penyedot dahak yang biasanya terdapat di kamar pasien pasca operasi yang kesulitan untuk mengeluarkan dahak mereka sendiri.

Ventricular Fibrillation : Aritmia jantung yang ditandai oleh kontraksi Fibriler otot ventrikular akibat eksitasi berulang yang cepat dari serabut miokardial tanpa kontraksi ventrikel terkoordinasi dan dapat menyebabkan kematian bila tidak segera diberikan kejutan listrik menggunakan Defibrillator, karena cairan darah tidak dapat dialirkan ke seluruh tubuh.

Gastric Leiomyoma : Tumor yang tumbuh pada tunica muscularis dibawah selaput membran. Berbeda dengan kanker atau polip yang tumbuh pada selaput membran, sebagian besar tidak berbahaya dan yang bersifat ganas relatif sedikit tapi bila ukurannya membesar dan disertai dengan anemia, perlu dioperasi.

Spike Fever : Kondisi dimana demam naik dan turun secara mendadak. Pola demam yang seperti ini biasa terjadi akibat infeksi berat atau tumor ganas. Bila terjadi penanahan (kondisi dimana saat luka bernanah karena infeksi kuman)  ada kemungkinan dapat terjangkit keracunan darah bila terlambat diobati karena itu diperlukan penangananan secepatnya.

Animal Therapy : Sejenis perawat psikis menggunakan hewan. Melakukan kontak dengan hewan merupakan salah satu cara membuat perasaan menjadi nyaman, mempertinggi kekebalan tubuh dan juga diakui dapat mengurangi stress.

Hipotermia : Kondisi dimana suhu tubuh turun drastis. Cara penangannya berbeda tergantung levelnya. Bila suhu turun hingga dibawah 30 Celcius, fungsi jantungpun menurun dan bisa menyebabkan aritmia (detak jantung tak beraturan) juga gagal jantung. Perlu perawatan darurat untuk mengembalikan suhu tubuh sesegera mungkin.

Fibrosacroma : Memiliki keganasan yang sama dengan kanker, banyak yang disertai metatatis (penyebaran kanker dari situs awal ke bagian lain tubuh.) Karenanya, perlu dilakukan operasi pemotongan atau pemberian obat anti-kanker. Walau sama-sama tumor ganas, bila tumbuh dijaringan epitel maka namanya adalah kanker. Bila berawal dari jaringan non-epithelial maka itu adalah sarkoma. Lebih banyak diderita orang yang masih muda.


0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)