Jumat, 31 Juli 2015

Numerologi - ilmu Mengetahui Sifat dari Angka


Masih ingat ketika zaman sekolah anda memainkan sebuah permainan angka yang ternyata adalah permainan untuk membaca karakter pribadi anda? Permainan ini sebenarnya adalah cabang ilmu metafisika yang disebut Numerologi.

Numerologi merupakan ilmu untuk mengetahui sifat manusia melalui angka. Numerologi sendiri adalah bentil tertua dari ilmu nujum. Asalnya tak terlacak, akan tetapi banyak bangsa mempunyai teori nujum dengan angka-angka seperti Mesir Kuno, Babylonia dan China. Konsepnya diambil dari fenomena alam seperti pelangi yang warnanya ada 7 macam ataupun bintang dan planet yang ada 12 buah beserta zodiaknya.

Sejak masa Mesopotamia Kuno, Yunani Kuno dan Romawi Kuno sampai saat ini, numerologi terus dipercayai banyak orang. Bangsa Romawi bahkan memiliki ungkapan terkenal yang berbunyi nomen est omen yang artinya nama adalah takdir.

Setiap peradaban yang sudah maju mengembangkan numerologinya secara khas dengan memiliki suatu sitem yang khas pula, namun berlandaskan pemikiran yang sama bahwa angka-angka memiliki makna serta mempengaruhi kehidupan. Di Jawa, numerologi dikenal dengan istilah petungan atau neptu. Sedangkan masyarakat Cina mengembangkan fengshui yang di dalamnya juga menyangkut ilmu angka. Numerologi dalam budaya Yahudi dikenal dengan nama gematria.
 
Numerologi yang menjadi dasar dari Numerologi modern saat ini kebanyakan mengambil dari pemikiran Yunani Kuno seperti Numerologi Phythagoras. 

Numerologi Pythagoras itulah yang dikenal dan berkembang di masyarakat Barat (Eropa dan Amerika), hingga selanjutnya di zaman modern sekarang ini diterapkan oleh para ahli numerologi di seluruh dunia. Sehingga ketika menyebut numerologi, maka tidak lain ya merujuk pada numerologi Pythagoras.
 
Dalam sistem numerologi ini digunakan cara kerja meliputi angka nasib, angka getaran awal, periodesasi, tahun pribadi dan bulan pribadi, angka ambisi, angka penampilan dan angka kepribadian, serta tabel intensitas.
 
Makna Angka
Angka
Makna Positif
Makna Negatif
1
kepemimpinan, aktif, pemberani, mandiri, berwibawa, penuh percaya diri, pantang menyerah dan tegas dalam mengambil keputusan.
egois, keras kepala, merasa benar sendiri, berpotensi otoiter dan diktator.
2
kelembutan, kerjasama, toleran, persaudaraan, hati-hati, moderat, cinta damai, penuh perhatian dan mau mengalah untuk keharmonisan.
kurang percaya diri, ragu-ragu, angin-anginan, mudah terombang-ambing, berpotensi menjadi pembohong penuh tipu daya dan culas.
3
semangat, kreatif, komunikatif, imajinatif, ekspresif, inspiratif, kritis, smart, populisdan bernasib baik.
ceroboh. Sembrono, apologis, berbelit-belit, berpotensi menjadi provokator dan perusak.
4
tertib, disiplin, sistematis, serius, konstruktif, konservatif dan bertanggungjawab.
formalistik, birokratis, kaku, dingin, lamban, berpotensi menjadi penjilat dan status quo.
5
progresif, dinamis, cinta kebebasan, pembaharu, bersemangat, berapi-api, sensual, bergairah dan penuh pesona.
gelisah, berubah-ubah, sulit dikendalikan, memberontak, berpotensi menjadi ekstremis dan radikal.
6
penolong, ramah, solidaritas, kekeluargaan, persaudaraan, penuh kasih sayang dan dapat diandalkan.
mudah diperdaya, senang pujian, rendah diri, berpotensi diperalat dan disalahgunakan
7
mistis, filosofis, spiritualis, analitis, cermat, serius, berhati-hati, penuh pertimbangan dan misterius.
curiga, tertutup, kurang realistis, melarikan diri, berpotensi menjadi utopis dan mengasingkan diri.
8
berkelimpahan materi, makmur, ambisius, ulet, kerja keras, tangguh, tipikal sukses dan terus berusaha mencapai kemajuan.
sombong, serakah, materialistis, penuh bahaya, berpotensi menjadi sumber petaka dan tragedi
9
murah hati, pemaaf, solidaritas, kebersamaan, penuh pengorbanan dan mengalah.
diperdaya kecewa, makan hati, bersedih hati, berpotensi diperalat dan disalahgunakan.
 
 
Untuk numerologi nama, maka kita harus merubah nama kita dulu menjadi angka berdasarkan contoh seperti:

1  2  3  4  5  6  7  8  9
 
A  B  C  D  E  F  G  H  I
J  K  L  M  N  O  P  Q  R
S  T  U  V  W  X  Y  Z


Sedangkan untuk contoh yang ditambahkan maka;
3,489 → 3 + 4 + 8 + 9 = 24 → 2 + 4 = 6
Numerology India
  1. 1, 10, 19, 28 dipimpin oleh Matahari, hitungan 1 untuk huruf: AIJQY
  2. 2, 11, 20, 29 dipimpin oleh Bulan, hitungan 2untuk huruf: BCKR
  3. 3, 12, 21, 30 dipimpin oleh Jupiter, hitungan 3 untuk huruf: GLS
  4. 4, 13, 22, 31 dipimpin oleh Rahu, hitungan 4 untuk huruf: DMT
  5. 5, 14, 23, dipimpin oleh Mercurius, hitungan 5 untuk huruf: NE
  6. 6, 15, 24 dipimpin oleh VENUS, hitungan5 untuk huruf: UVWX
  7. 7, 16, 25 dipimpin oleh Ketu, hitungan 7 untuk huruf: OZ
  8. 8, 17, 26 dipimpin oleh Saturnus, hitungan 8 untuk huruf: FHP
  9. 9, 18, 27 dipimpin oleh Mars, tak ada huruf untuk angka 9
Beberapa angka hoki dalam numerologi kebudayan China
  • 518 — saya akan makmur
  • 814 — Sama dengan angka 168,yang berarti "menjadi banyak rejeki, sepanjang hidup". 148 juga mengandung arti sepanjang hidup akan berlimpah rejeki ".
  • 888 — tiga kali kemakmuran yang berarti "kaya kaya kaya ".
Sedangkan menurut primbon dalam budaya Jawa, maka inilah penjelasan dari salah satu sumber primbon yang saya ambil untuk nomor pribadi anda setelah dijumlahkan baik menurut tanggal lahir maupun dengan nama yang telah diubah menjadi angka.

1. Angka satu (1) melambangkan Matahari dan segala sesuatu yang kuat, individual dan kreatif. Mereka yang angkanya satu dikatakan dilahirkan untuk menjadi pemimpin; ambisius dan aktif, seringkali dominan dan agresif. Mereka bisa bersifat egois, tidak mengenal kasihan dan keras kepala bila ditentang. Lebih mementingkan dan memperhatikan karier atau aktivitas yang dipilih ketimbang hubungan pribadi. Minggu adalah hari orang yang berangka satu.


2. Angka dua (2) melambangkan Bulan dan hari Senin adalah hari pribadi berangka dua. Pribadi dengan angka dua lebih lembut, pasif, dan artistik dibanding yang angkanya satu. Angka dua lebih berkaitan dengan pikiran ketimbang tindakan, dan walaupun mereka banyak menciptakan, mereka tidak terlalu bersikeras melaksanakan rencana mereka. Mereka cenderung menawan dan mempunyai kekutan intuisi, namun mungkin kurang percaya diri. Berkepribadian berubah-ubah, mungkin suka berbohong dan bisa terlalu sensitif dan depresif. Mereka dengan angka dua cocok bergaul dengan pribadi yang berlawaan, yaitu dengan angka satu.


3. Angka tiga (3) melambangkan Yupiter dan hari Kamis merupakan hari paling beruntung bagi mereka yang mempunyai angka tiga. Orang yang memiliki angka tiga cenderung energik, disiplin, berbakat. Mereka dengan angka tiga sering sukses dalam bidang yang mereka pilih. Bahkan pada kenyataanya, mereka tidak puas bila tidak sukses karena mereka mempunyai kesadaran diri yang besar, sangat bangga dan mandiri. Merekapun senang memegang kendali, memerintah orang, namun juga punya banyak sifat-sifat baik. Suka berkedok spiritual, karena tiga merupakan angka Trinitas. Mereka sangat cocok bergaul dengan angka tiga yang lainnya, dan mereka yang lahir dibawah angka 6 dan 9.


4. Angka empat (4) melambangkan Uranus dan hari Minggu hari mereka. Angka empat yang menandakan musim, unsur, point dari kompas, berorientasi pada bumi. Orang tersebut mantap dan praktis, dengan ketahanan tinggi. Akan tetapi, angka empat, mempunyai lawan dalam dirinya sendiri, dan mereka yang mempunyai angka empat sering melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berlawanan, sehingga mereka tampak seperti pembangkang dan tidak konvensional. Jarang tertarik dengan materi. Sukar berteman dan mungkin merasa terisolir. Mereka dengan angka 1,2,7 dan 8 merupakan teman atau pasangan terbaik bagi si angka empat.


5. Angka lima (5) melambangkan Merkuri, mereka yang lahir dibawah angka ini memiliki sifat merkuri dalam kepribadiannya. Riang, sensual, suka cita, impulsif (sudut pandang yang tak lazim), berpikir cepat dan emosional. Mereka dengan angka lima, bernuansa penuh dengan ketegangan, kemungkinan punya kesulitan dengan emosi sendiri. Mereka pandai mencari uang, terutama melalui tindakan spekulasi, dan mudah bangkit dari kegagalan. Mudah berteman dengan siapa saja, tetapi yang menjadi sahabat kemungkinan adalah mereka yang dibawah angka lima, dan hari Rabu adalah hari keberuntungannya.


6. Angka enam (6) melambangkan Venus, mereka yang lahir dibawah angka ini pandai mengatur pengorbanan untuk cinta, cenderung romantis daripada sensual. Angka ini juga sempurna jumlah faktornya (1,2,3), angka enam berkesan seimbang dan harmonis serta selalu dikaitkan dengan cinta keluarga dan memiliki perhatian besar terhadap kehidupan rumah tangga. Angka enam adalah orang yang sangat dapat dipercaya namun bisa keras kepala. Penyuka keindahan, biasanya berparas menawan dan sangat mudah bergaul dibanding angka-angka lainnya, dan tidak menyukai kegagalan dan pantang menyerah. Hari keberuntungannya ada Jum'at.


7. Angka tujuh (7) melambangkan Neptunus, yang berkaitan dengan air. Mereka dengan angka tujuh gemar melakukan perjalanan dan suka lautan. Senin adalah hari keberuntungannya. Angka tujuh dianggap mempunyai makna nujum dan pribadi dengan angka ini sering kali mempunyai pandangan filsafat atau spiritual yang kuat dan biasanya tidak tertarik pada materi. Intuisi bahkan memiliki indera ke enam. Si angka tujuh biasanya mempunyai pengaruh misterius terhadap orang lain, tetapi ada kecenderungan untuk menjadi introver. Mereka adalah pemikir dan selalu mendapat keberuntungan dari angka mereka.


8. Angka delapan (8) melambangkan Saturnus, angka yang janggal dan sukar, ini merupakan kelipatan 4, jadi mengandung kontradiksi dari angka tersebut. Angka ini bisa berarti kesedihan, akan tetapi berkaitan dengan sukses duniawi. Pribadi dengan angka delapan punya kemauan keras, individualistis, dan tampak dingin. Padahal mereka punya perasaan yang kuat dan mendalam, yang kadang disalahartikan orang lain. Hari mereka adalah Sabtu.


9. Angka sembilan (9) melambangkan Mars, dipandang sebagai angka puncak, dengan makna khusus bahkan suci. Angka ini akan tetap berjumlah sembilan bila dikalikan angka berapapun, angka tersebut kembali lagi sebagai angka sembilan, (contoh; 6 x 3= 18, 1 + 8 = 9). Angka ini melambangkan pantang menyerah, aktif dan penuh kemauan. Orang dengan angka sembilan biasanya berhasil setelah bersusah payah, tetapi rentan terhadap kecelakaan maupun cedera, dan bisa juga merupakan orang yang suka bertengkar. Orang dengan angka sembilan akan mempengaruhi keberanian dan rasa persaudaraan di antara angka lain. Selasa adalah hari mereka.  
 
 
Jika angka 13 dikenal sebagai angka sial dan 9 dikenal sebagai pembawa keberuntungan, sebenarnya banyak angka ganjil lainnya yang lebih memiliki makna dibandingkan angka genap di berbagai bangsa.

Selain itu dikenal juga angka mistik dikalangan penjudi, yaitu angka yang memiliki arti berbeda dengan angka sebenarnya. Seperti angka 1 memiliki angka mistik 0, 2=5,3=8 dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)