Kamis, 21 Mei 2015

Soliloquy Bersuara Melalui Kata

Di dalam pikiran manusia terdapat begitu banyak hal berharga lebih dari emas di seluruh dunia,
Maka galilah pikiranmu untuk menemukan sesuatu yang berharga dalam hidupmu.


Seorang sahabat yang mengetahui aku membuat blog lagi bertanya, "Kenapa sih kamu suka sekali ngeblog?" dengan ringan kujawab, "Untuk mengeluarkan pikiranku kawan." Dia terlihat bingung dengan jawabanku, "Kenapa tidak mencari seseorang untuk bertukar pikiran? Blog kan tidak selalu ada yang baca kalau tidak terkenal, susah cari teman diskusinya." Aku tertawa kecil mendengarnya.

"Terkadang kita butuh waktu untuk bersoliloquy, menurutku blog adalah sarana yang tepat." sahabatku lalu bingung, sepertinya dia lupa pelajaran yang kami dapat selama SMA, "Soli apa?"


Soliloquy, adalah istilah untuk seseorang yang berbicara tentang apa yang dia pikirkan, tanpa atau seolah-olah tidak ada yang mendengarkan. Biasanya terjadi di dalam drama dan teather. Soliloquy sendiri adalah cabang dari Monolog, sehingga bisa diartikan bebas yaitu Ngomong sendiri. Dalam sinetron atau film, adegan Soliloquy adalah ketika sang pemain peran mengeluarkan pikirannya, seringkali rencana jahatnya ketika tidak ada siapapun yang mendengar tentunya itu ditujukan pada penonton.

Soliloquy adalah bentuk kebebasan berbicara tentang perasaan, harapan, impian dan hal-hal lain yang berada dalam pikiran seseorang. Lalu apa yang kumaksud Soliloquy dalam blog?

Memang benar, banyak blogger yang memulai blognya dengan tujuan ingin terkenal, ingin banyak orang membaca tulisannya tetapi ketika tidak mendapat hasil yang mereka inginkan, mereka berhenti menulis.

Aku tentunya juga berharap tulisanku dibaca banyak orang, tetapi kembali lagi kenapa kita menulis? Aku menulis karena hidupku berubah oleh tulisan-tulisan yang kubaca, aku ingin meninggalkan sesuatu yang membuktikan bahwa aku pernah hidup dengan menulis dan semoga salah satu karyaku dapat merubah hidup orang lain.

Seperti ketika aku menulis sebuah tulisan, aku tidak tau akan berapa banyak orang yang membacanya. Seperti tulisan yang kuanggap bagus, informatif ternyata hanya dibaca 200 kali setelah sebulan diterbitkan, sementara tulisan yang menurutku umum dan banyak orang tau justru dilihat lebih dari 1000 kali hanya dalam 5 hari. Begitulah.

Terus menulis, terus mengeluarkan isi pikiran kita melalui tulisan. Kita tidak pernah tau apakah yang kita pikirkan akan bermanfaat atau tidak bagi orang lain tetapi setidaknya kita tidak akan melupakan hal itu. Jika kita hanya sekedar mendiskusikannya dengan sahabat, mungkin kita akan mengingatnya selama beberapa tahun. Tetapi jika kita menulisnya, kita dapat mengingatnya secara jelas ketika kita membacanya kembali.

Aku menikmati menulis blog, mengeluarkan apa yang ada dipikiranku. Apakah akan dibaca orang atau tidak itu adalah urusan nomor sekian, jika kita terus berkarya dan konsisten aku yakin pada akhirnya tulisan itu akan dibaca walaupun hanya satu orang, dan itu telah sangat berarti.

Aku adalah orang yang yakin bahwa kerja keras tidak akan mengkhianatimu, sementara impian yang tidak diusahakan hanya akan menyakitimu.

Semenjak aku mulai menulis Oktober tahun lalu di blog ini, banyak perubahan yang aku rasakan dari cara menulis, kecepatan menulis dan gaya bahasa. Awalnya orang lain yang mengatakan padaku, dan ketika aku melihat tulisan lamaku, ya aku bisa melihatnya bagaimana itu berubah ke arah yang lebih baik.

Semua Soliloquy ku dalam blog ini mulai memberikan hasil yang positif padaku, dan kuharap menulis juga memberikan kalian perubahan positif yang membawa kepada kehidupan yang lebih bahagia.

4 komentar:

  1. Keep writing ya Kak Ron! Yang terpenting kita gak boleh menyerah untuk terus berusaha ^^

    BalasHapus
  2. Pasti terus menulis :)

    Terimakasih ya Hilda :D

    BalasHapus
  3. Aku adalah orang yang yakin bahwa kerja keras tidak akan mengkhianatimu, sementara impian yang tidak diusahakan hanya akan menyakitimu.,saya suka kata-katanya,,

    BalasHapus
  4. cia yo...terus menuangkan pikiran2 mu dlm blog ini...bermanfaat kok bagi yg membaca nya...termasuk aku. ingin..dan ingin trus membaca

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)