Kamis, 14 Mei 2015

Fungsi Hobi dalam Hidup Seimbang



Hobi diambil dari serapan bahasa Inggris yaitu Hobby, artinya sendiri adalah kegiatan yang dilakukan di luar rutinitas untuk tujuan relaksasi. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa tujuan dari hobi adalah memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan.

Setiap orang seharusnya memiliki hobi, baik yang mereka sadari maupun tidak. Menurut definisiku pribadi, ketika sesuatu yang kita lakukan berulang-ulang mulai membutuhkan biaya dan kita tidak keberatan dengan hal tersebut, itulah Hobi.

Orang yang gemar membaca awalnya bisa saja dari membaca buku teman, perpustakaan, atau membaca di Internet. Ketika dia mulai mengeluarkan uang untuk membaca, seperti menyewa atau membelinya maka itu menjadi hobi.

Lalu apa sebenarnya fungsi Hobi dalam kondisi psikologis manusia?

Sebelumnya mari kita bedah dahulu, kebanyakan orang sering tidak mengetahui perbedaan Passion dan Hobi.

Menurut kamus Merriam-Webster, arti PASSION adalag "Sesuatu yang dicintai". Secara psikologis, kamu akan selalu memikirkan tentang hal itu. Sama seperti ketika kamu jatuh cinta.. kamu pasti mikirin orang yang kamu cintai kan? 
 
Sementara arti HOBBY adalah "Sesuatu yang dilakukan diluar rutinitas untuk relaksasi."

Suka musik = hobby. Masuk ke industri musik = passion.
Suka masak = hobby. Masuk ke dunia F&B (food & beverage) = passion
Suka film = hobby. Masuk ke dunia perfilman = passion
Suka mengamati brand = hobby. Masuk ke dunia branding = passion 
Suka fashion = hobby. Masuk ke dunia fashion = passion
 
Jadi Hobi bersifat tidak menghasilkan uang, seringkali menghabiskan uang dan berfokus untuk mendapatkan kepuasan dan kesenangan.
 
Passion adalah mencintai apa yang kamu lakukan, dan biasanya dapat menjadi pilihan pekerjaan dan menghasilkan uang.
 
Hobi seringkali dianggap tidak perlu oleh kebanyakan orang, alasannya sederhana yaitu menghabiskan banyak uang. Benar saja memang hobi tertentu menguras banyak biaya untuk menjalaninya seperti mengkoleksi figurine, Gunpla sampai Mobil Sport.
 
Sebenarnya hobi justru bisa jadi dorongan untuk seseorang berpenghasilan lebih. Untuk memenuhi hobinya maka dia bekerja lebih keras, dan lebih kreatif dalam menambah penghasilannya. Hobi yang tepat dapat menaikan taraf kebahagiaan seseorang dan juga sarana pengembangan diri yang baik.
 
Banyak orang yang bekerja dengan baik demi mendapatkan hasil yang maksimal untuk hobinya, seperti menonton film, traveling atau menonton konser. Beberapa hobi bahkan menjadi bentuk investasi terutama yang bersifat koleksi, dapat juga menjadi investasi diri.
 
Apa manfaat praktis hobi buat kehidupan seseorang? Jangka pendek? Jangka panjang?

Seorang dokter dan penulis spiritual asal Amerika Serikat, Orison Swett Marden, berpendapat, pekerjaan, cinta, dan permainan adalah kemudi paling seimbang buat manusia. Kalau mau dipilah-pilah, hobi dalam jangka pendek adalah membuat seseorang rileks, santai, dan memperluas pergaulan. Manfaat jangka panjang, hobi bisa menjadi alternatif pengembangan karier kita kedepannya.
 
Apakah pilihan hobi tertentu terkait dengan karakter seseorang?


Karakter menjadi peran penting dalam pemilihan hobi. Penggolongan yang paling sederhana, misalnya, orang yang ekstrovert cenderung memiliki hobi yang melibatkan banyak orang sebab karakter utamanya adalah senang bersosial. Itu sebabnya pilihan hobi yang ia ambil biasanya olahraga atau kegiatan dalam grup atau kelompok, seperti main sepak bola, futsal, dan basket. Namun, jika seseorang yang ekstrovert ingin memanfaatkan hobi untuk menyeimbangkan diri, ia perlu hobi yang dilakukan sendirian.

Sebaliknya, orang-orang introvert sering memilih hobi yang dilakukan sendirian, seperti yoga, membaca, dan nonton. Namun, bila ia memanfaatkan hobi untuk keseimbangan dirinya, ia butuh hobi yang punya karakter melibatkan banyak orang, misalnya bermain musik dan basket. Jadi kalaupun sama-sama suka olahraga, pilihannya adalah jenis olahraga yang punya karakteristik sesuai dengan kepribadiannya atau malah sebaliknya.
 
Aku sendiri termasuk orang yang ekstrovert tetapi memiliki hobi yang dilakukan sendirian, karena setiap orang membutuhkan Me Time yang ideal.

Apa jadinya kalo seseorang tidak memiliki hobi?


Sebenarnya seseorang yang tidak memiliki hobi itu nyaris tidak ada, biasanya hal tersebut karena kurangnya pemahaman terhadap definisi Hobi. Misalnya seseorang yang senang membeli baju, tapi karena dia merasa itu hanyalah kebutuhan umum, dia tidak melihat itu sebagai hobi. Padahal seringkali passion muncul dari Hobi, dan meningkatkan keahlian yang bisa menjadi peluang karir di depannya seperti Pemilik Butik atau bahkan Designer.

Sayangnya seperti yang dijelaskan sebelumnya banyak orang yang tidak menganggap hobi penting dalam hidupnya karena biaya yang besar dan sifatnya bersenang-senang, sedangkan pekerjaan yang menghasilkan uang dianggap sebagai aktivitas yang tidak menyenangkan. Kewajiban, beban yang ditimbulkan pekerjaan itu seringkali menimbulkan persepsi I hate Monday. Andaikan kesenangan seseorang terpenuhi melalui Hobi, maka beban pekerjaan juga akan berkurang banyak terutama beban di pikiran.


Hobi sangat penting demi mencapai gaya hidup yang seimbang, sebagai doroangan atau motivasi serta bentuk investasi diri. Maka ayo kembangkan hobi kita lebih jauh lagi :)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)