Rabu, 27 Mei 2015

Curhat Pendek - Antara Pemurah, Pemaaf dan Penyabar



Saat aku sedang asyik menulis, adikku tiba-tiba bertanya tentang hal yang dia baca di sebuah buku. "Apa bedanya Pemurah, Pemaaf dan Penyabar?" Aku teringat kembali, ketika beberapa tahun lalu aku juga menanyakan hal yang sama.

Aku berhenti menulis dan berusaha mengingat kembali hal tersebut lalu menjawabnya.

Pemurah itu artinya jadi orang yang murah hati, suka membantu orang lain, suka menolong orang lain yang membutuhkan, mulai dari keluarga, teman-teman dan makhluk lain. Pemurah bukan penyogok atau penyuap, namun lebih dekat ke penyantun atau penyokong.

Pemaaf itu artinya orang yang mudah memaafkan kesalahan orang lain. Tidak perlu puasa untuk bisa memaafkan orang lain. Pemaaf pasti bukan pendendam, dan bukan berarti boleh diinjak injak oleh pihak lain. Perlu kasih sayang yang tulus untuk bisa memaafkan, dan sedikit kebijaksanaan.

Penyabar adalah orang yang tidak mudah marah. Batinnya selalu tenang, tidak bergelora, tidak pernah panas membara. Emosinya terkendali, demikianlah pula pikirannya selalu waspada dan sadar penuh.

Ada yang orang yang pemurah, namun bukan pemaaf dan bukan penyabar.

Ada orang yang pemaaf, namun bukan pemurah dan bukan penyabar.

Ada orang yang penyabar, namun bukan pemurah dan bukan pemaaf.

Paling bagus kalau ketiga-tiganya terdapat pada satu orang, apalagi kalau terdapat pada banyak orang.

Dunia akan lebih enak untuk dihuni.


4 komentar:

  1. tapi nemuin satu aja yang kayak gitu langka banget :)

    BalasHapus
  2. Iya kalau zaman sekarang sih susah :)

    BalasHapus
  3. Hai :) Blogwalking... makasih ya udah dateng ke blog aku terus comment juga. jadi lebih semangat nulis, kamu juga semangat yaaa nulisnya. tulisannya inspiratif sekali :)

    BalasHapus
  4. Iya, semoga makin banyak tulisan yang dihasilkan ya :)

    Aku juga akan nulis terus :D

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)