Minggu, 31 Mei 2015

Mei dalam Perubahan

Perubahan selalu terjadi, Baik atau buruk adalah bagaimana kita melihatnya

Bulan Mei kini memasuki hari terakhirnya, seperti biasa aku menulis semua proses yang terjadi bulan ini dan sedikit cuplikan tentang blog ini di bulan berikutnya.

Selama tiga hari ini, aku sedang fokus menulis sebuah naskah fantasi, sehingga tidak bisa melakukan blogwalking. Sudah menjadi impianku untuk menulis kisah fantasi dan kupikir daripada menunggu kapan akan memulainya, lebih baik sekarang juga.

Aku telah menciptakan beberapa tokoh dan juga dunia fantasi itu sendiri, Rencananya akan dibuat menjadi webnovel di sebuah blog. Kuharap ini akan menjadi besar!

Katak yang Nakal






Aku mengingat bahwa kisah ini diceritakan padaku ketika aku nakal saat masih kecil, mengajarkan bahwa apa yang aku lakukan hanya akan mendapatkan penyesalan.

Kisah ini teringat kembali saat aku membuka album-album lama, jadi aku akan menulis sebisa mungkin yang aku ingat.

Hailibu Sang Pemburu


Kekuatan yang besar, datang dengan tanggung jawab yang besar. Kata-kata yang terkenal dari kisah Spiderman ini mengajarkan bahwa kekuatan atau bakat yang kita miliki sebaiknya digunakan untuk kebaikan orang banyak.

Di Mongol, ada juga sebuah kisah yang begitu inspiratif tentang hal ini, dan inilah kisahnya.

Burung Gagak yang Kedinginan






Gagak adalah burung yang sangat cerdas. Tidak jarang sampah makanan yang telah dikemas rapi dalam kantong plastik pun bisa dibuka oleh gagak. Anda mungkin juga pernah menonton film dokumenter tentang bagaimana burung gagak di kawasan tertentu memanfaatkan kereta api yang melintas untuk memecahkan semacam biji kenari yang amat keras. Ternyata di balik bulu hitam serta penampilannya yang jelek dan tidak menarik, ternyata gagak masih memiliki kelebihan dalam hal tingkat kecerdasannya.

Bercerita tentang gagak, ada satu kisah dari Rumania yang menarik untuk disimak, mengenai kasih sayang ibu gagak kepada anak-anaknya.

Jumat, 29 Mei 2015

Curhat Pendek - Gadis Berbaju Merah


Ketika keluar dari restoran setelah makan dengan adikku, melihat seorang gadis kecil berbaju merah dan memegang seekor kucing putih berada di dekat motorku. Anak itu masih berumur sekitar 6-7 tahun keliatannya.

"Hei dek, Kamu kenapa disini? Orang tua kamu mana?"

Gadis kecil itu hanya diam, aku tidak bisa melihat wajahnya.

"Dek, kamu jangan disini sendirian. Ini udah malam, orang tua kamu mana?" (Sudah lewat dari jam 8 Malam)

Dia masih juga diam sambil mengelus kucingnya.

"Dek.." ketika aku ingin menepuk pundak anak kecil itu, pundakku duluan ditepuk.

"Ngomong sama siapa?" adikku terlihat bingung
"Ini sama anak kecil, diam dekat motor kita."
"Anak kecil mana?"
"Ini" ketika aku melihat kembali, anak kecil itu sudah hilang.

Kamis, 28 Mei 2015

Pilihan dan Pemikiranmu dalam Kehidupan

Di bawah ini anda akan membaca sebuah kisah yang disajikan dalam bentuk Visual, Aku harap anda membaca kisah ini pada kondisi yang tenang dan suasana yang bersahabat.

Setelah ini mungkin cara pandang anda akan sedikit berubah jika tidak berubah seluruhnya. Selamat menikmati dan memilih. :)

Empat Psikologi Warna



Setiap orang biasanya memiliki warna favorit, entah itu untuk pakaian atau benda lain miliknya. Sebenarnya ada sebuah mekanisme unik yang bekerja pada otak kita saat melihat warna, dan ini adalah sebagian kecil dari mekanisme tersebut.

Empat Jenis Warna menurut Psikologi

Hachiko Si Anjing yang Setia



Hachiko adalah salah satu anjing yang kisahnya terkenal diseluruh dunia terutama Jepang. Kesetiaan menyentuh hati begitu banyak orang yang mungkin akan bertahan sepanjang masa. Hachiko membuktikan bahwa memang hanya seekor anjing yang bisa mencintai seseorang lebih dari mencintai dirinya sendiri.

Hachiko sendiri adalah satu kisah pertama yang kuketahui saat mengenal kebudayaan jepang. Film Hachiko juga berhasil membuat begitu banyak orang meneteskan air mata terharu, ketika aku menulis ini perasaanku kembali bergejolak mengingatnya, itulah nilai dari kesetiaan dan manusia seharusnya bisa belajar dari itu. Bagi kalian yang belum pernah membaca kisahnya, ini sedikit kisah yang bisa kutulis disini.

Ibu Gajah yang Buta



Dahulu kala, di sebuah kaki bukit di pegunungan Himalaya, di dekat sebuah kolam teratai, lahirlah seekor bayi gajah. Bayi gajah ini luar biasa indah menawan, putih bersih seperti salju dengan wajah yang sedikit bersemu kemerahan seperti warna batu karang. Belalainya berkilau indah bagaikan utas tali yang berwarna keperakan, gadingnya yang kuat dan kokoh membentuk sedikit lengkungan yang manis.

Ia selalu mengikuti ibunya ke manapun. Ibu Gajah memetik daun terlembut dan buah mangga termanis dari pohon-pohon yang tinggi dan kemudian memberikannya. “Kamu dulu, baru Ibu,” Ibu Gajah berkata. Ia kemudian dimandikan oleh ibunya di kolam teratai yang sejuk diantara semerbak keharuman bunga. Dengan belalainya, Ibu Gajah menghisap air lalu menyemprotkannya ke kepala dan punggung anaknya hingga bersih mengkilap. Kemudian Anak Gajah ini diam-diam mengisi belalainya, dan dengan hati-hati menyemprotkan tepat ke dahi ibunya. Tanpa berkedip, Ibu Gajah balas menyemprotkan air. Balas membalas menyemprot, mereka dengan gembira saling membasahi satu sama lain. Splish! Splash!

Rabu, 27 Mei 2015

Curhat Pendek - Antara Pemurah, Pemaaf dan Penyabar



Saat aku sedang asyik menulis, adikku tiba-tiba bertanya tentang hal yang dia baca di sebuah buku. "Apa bedanya Pemurah, Pemaaf dan Penyabar?" Aku teringat kembali, ketika beberapa tahun lalu aku juga menanyakan hal yang sama.

Aku berhenti menulis dan berusaha mengingat kembali hal tersebut lalu menjawabnya.

Pemurah itu artinya jadi orang yang murah hati, suka membantu orang lain, suka menolong orang lain yang membutuhkan, mulai dari keluarga, teman-teman dan makhluk lain. Pemurah bukan penyogok atau penyuap, namun lebih dekat ke penyantun atau penyokong.

Pemaaf itu artinya orang yang mudah memaafkan kesalahan orang lain. Tidak perlu puasa untuk bisa memaafkan orang lain. Pemaaf pasti bukan pendendam, dan bukan berarti boleh diinjak injak oleh pihak lain. Perlu kasih sayang yang tulus untuk bisa memaafkan, dan sedikit kebijaksanaan.

Penyabar adalah orang yang tidak mudah marah. Batinnya selalu tenang, tidak bergelora, tidak pernah panas membara. Emosinya terkendali, demikianlah pula pikirannya selalu waspada dan sadar penuh.

Ada yang orang yang pemurah, namun bukan pemaaf dan bukan penyabar.

Ada orang yang pemaaf, namun bukan pemurah dan bukan penyabar.

Ada orang yang penyabar, namun bukan pemurah dan bukan pemaaf.

Paling bagus kalau ketiga-tiganya terdapat pada satu orang, apalagi kalau terdapat pada banyak orang.

Dunia akan lebih enak untuk dihuni.


Sepuluh Racun dalam Diri


Setiap orang dalam dirinya memiliki hal-hal yang menjadi penghambat potensi dirinya, hal-hal itu membuatnya sulit berkembang. Beberapa tahun lalu aku menemukan sebuah buku kecil dengan sampul yang sama sekali tidak menarik, namun isinya sangat bagus. 

Buku itu kemudian kurangkum menjadi sebuah tulisan yang dibagikan di sosial media. Aku kembali menuliskannya disini, karena aku yakin ini bersifat sepanjang masa dan bermanfaat bagi mereka yang membacanya.

Mengapa Kita Berteriak saat Marah?


Anda pernah marah? Setiap orang setidaknya pasti pernah mengalaminya, walaupun ada orang yang lebih suka memendam amarahnya dan diam tetap ada waktu dimana dia akan berteriak dalam marahnya. Kenapa dia berteriak? Ada sebuah kisah Inspiratif tentang hal tersebut.

Mengapa Harus Berteriak?

Selasa, 26 Mei 2015

Ember Bocor yang Sedih

Sesuatu yang kamu anggap kekurangan bisa jadi Kekuatan yang tidak kamu bayangkan


Setiap manusia tentunya memiliki kelemahan, tetapi seringkali mereka meratapi kelemahannya. Merasa terpukul dan kecewa, lalu terpusat hanya pada keburukan itu dan membuat mereka rendah diri, padahal jika mereka melihat dari sudut pandang yang berbeda bisa jadi itu justru kekuatan yang sebelumnya tidak pernah dipikirkan, seperti kisah inspiratif berikut ini.

Ember Bocor Yang Sedih

Senin, 25 Mei 2015

NLP Logical Level Teknik Sistematis untuk Memahami Manusia






Neuro Logical Level atau NLP Logical Level adalah sebuah teknik yang secara sistematis memberikan pemahaman terhadap tingkat kepribadian dan karakter manusia. Setiap manusia memiliki kualitas yang menentukan kedua hal tersebut tergantung dari posisinya dalam sistem itu sendiri.



  • Environment. Informasi tambahan mengenai lingkungan apa yang saya butuhkan?
  • Behavior. Saya punya informasi yang cukup, tapi bagaimana saya bisa menggunakannya?
  • Capability. Saya tahu apa yang harus saya lakukan, tapi bagaimana agar saya bisa menggunakannya dengan baik secara konsisten?
  • Belief/Values. Saya bisa melakukannya, tapi maukah saya melakukannya? Apakah bagi saya itu penting?
  • Identity. Apakah hal itu bermakna bagi saya? Sesuaikah dengan identitas yang saya miliki?
  • Spiritual. Apakah hal itu sesuai dengan keyakinan saya yang paling dalam? Dengan agama yang saya anut? Dengan misi/tujuan saya hidup di dunia?
Singkatnya ini adalah pemahaman tentang cara berpikir serta tindakan manusia, apa yang mempengaruhinya dan cara mencapai pemahaman yang lebih jauh atas setiap tindakan yang dilakukan.

Minggu, 24 Mei 2015

Sunday Quotes #2



“Apabila cinta tidak berhasil, BEBASKAN dirimu Biarkan hatimu kembali melebarkan sayapnya dan terbang ke alam bebas” ~R.M.~ 

“Sesuatu yang besar, dimulai dari yang kecil dengan penuh usaha” ~R.M.~ 

“Kejujuran adalah perhiasan jiwa yang lebih bercahaya daripada berlian” ~R.M.~ 

Kantor atau Penjara, Mana yang Kamu Pilih?



Dalam pengalamanku melakukan pelayanan sosial, mengunjungi Lembaga Pemasyrakatan (Penjara) adalah salah satu kegiatan favoritku. Aku selalu tertarik mengunjungi LP baru, dan melihat aktivitas para tahanan tetapi bukan itu yang ingin kubahas kali ini.

Ada seseorang yang sejak lahir, dalam darahnya mengalih kata karyawan. Kelompok manusia ini merasa sangat aman dan nyaman jika mendapatkan pekerjaan sebagai karyawan, bahkan jika mereka anak pengusaha kaya atau juragan tanah, mereka tetap ingin jadi karyawan. "Enak ya jadi karyawan Ron, pergi jam 8 pulang jam 5. Sabtu Minggu bisa libur." Padahal dia bisa libur setiap hari dan menentukan jam kerjanya sendiri.

Setiap kali bertemu seseorang seperti ini, dan cukup banyak di Negara Indonesia tercinta ini, aku akan memberikan perbandingan seperti ini pada mereka.

Sabtu, 23 Mei 2015

Ketika Tidak ada yang Bisa di Lakukan

Selalu ada saat dimana kita tidak bisa melakukan apapun


Menurutku diantara begitu banyak jenis transportasi yang ada, kapal laut adalah yang paling tidak efisien. Selain aku mabuk laut, aku juga mengalami beberapa hal yang tidak mengenakan ketika berada dalam kapal.

Apa kalian punya pengalaman yang buruk dalam kapal laut?

Empat Macam Orang dalam Belajar

Empat Kuda yang melambangkan Empat Manusia

Dalam pengalamanku mengajarkan suatu keahlian pada seseorang tidak selalu berakhir baik, aku pernah mengalami pengalaman-pengalaman yang tentu tidak mengenakan. Seringkali pengalaman ini datang ketika aku mengajar secara sukarela.

Guru Spiritualku pernah mengatakan bahwa niatanku baik, tetapi aku tidak bisa berharap bahwa aku akan terus berhasil jika tidak memilih murid dengan benar. Guruku terkenal sangat pemilih untuk mengajar, dia hanya akan mengajar kepada orang yang menurutnya benar-benar niat belajar.

Pengalaman tidak mengenakan umumnya adalah tidak tau terima kasih, berhenti ditengah jalan, tidak konsisten dan tidak mempraktikan apa yang sudah diajarkan. Dalam proses mengajar seperti malas, meremehkan pelajaran, teralihkan dengan hal lain atau suka mencari alasanpun sudah pernah kualami. Dan aku mulai berpikir apa benar ada mengajar yang sia-sia?

Jumat, 22 Mei 2015

Yang Terberat dalam Hidup

Setiap orang memilikinya, tetapi sedikit yang menyadarinya


Selama kita hidup, kita akan selalu memiliki masalah karena kehidupan dan masalah memang tidak pernah terpisahkan. Diantara kita bahkan ada orang yang akhirnya menjadi ketagihan masalah, suka mencari masalah seolah hidupnya tidak cukup sulit.

Aku termasuk orang yang sering menjadi tempat bercerita, terkadang ada cerita yang cukup aneh masuk. Salah satunya adalah ketika orang lain sedang pusing karena banyak masalah ada seseorang justru mengatakan ini padaku, "Ron, hidupku kok datar-datar aja ya, nggak ada masalah. Rasanya kosong gitu." Makanya jangan heran jika dunia kita ini semakin banyak orang reseh yang mencari-cari perkara, kita bisa lihat contohnya artis-artis di tanah air.

Dari semua masalah dalam kehidupan, sebenarnya apa yang paling berat dalam hidup ini?

Setiap Pria punya Mainan

Karena Pria butuh Mainan dalam Hidupnya


Tulisan kali ini sebenarnya berhubungan dengan tulisan sebelumnya. Ketika saya bertanya kepada beberapa wanita yang saya kenal, ingin tau apa sih soal pria? Ada pertanyaan yang sama, Kenapa ada pria yang sudah berumur tetapi masih hobi punya mainan? Aku akan meralatnya disini, setiap pria pasti punya mainan lho.

Menurut aturan pria nomor 137, Pria selalu punya mainan. Itu artinya sejak kecil hingga mati, setiap pria pasti memiliki mainan. Bedanya tidak selalu mainan itu sama.

Pria kok Suka Banget Nonton Bola atau Main Game

Menjadi Pria Bahagia itu sederhana, Punya waktu untuk melakukan yang dia sukai.


Ada beberapa email yang dikirimkan kepadaku melalui Dear Ron, Kenapa aku sudah lama tidak lagi menulis Rahasia Pria? Alasannya sederhana, banyak yang protes ketika rahasianya dibongkar, tetapi karena wanita butuh tau lebih banyak maka aku akan menulis lebih banyak lagi.

Salah satu kebingungan terbesar mayoritas wanita adalah kenapa pria begitu suka menonton bola hingga bisa sangat emosional? Di zaman sekarang bertambah satu lagi yaitu Pria yang sangat suka bermain Game, atau populer disebut Gamer.

Sebelum aku memulai, ada yang ingin kusampaikan. Mungkin akhir-akhir ini kalian menyadari bahwa banyak tulisan di forum-forum dan media sosial yang menceritakan betapa beruntungnya punya pacar seorang Gamer, jangan percaya itu! 
 
Tulisan tersebut dibuat oleh orang-orang kesepian yang melarikan diri dari kenyataan dengan bermain game, mereka bukan gamer sejati. Point paling sering ditulis adalah mereka setia dan cerdas, jika mereka tidak bisa setia dengan permainannya dan menyempatkan diri menulis dan membagikan tulisan itu di media sosial atau forum maka kalian perlu mempertanyakan kesetiaan dan kecerdasannya.

Baik mari kita mulai membahas topik utamanya.

Kamis, 21 Mei 2015

Soliloquy Bersuara Melalui Kata

Di dalam pikiran manusia terdapat begitu banyak hal berharga lebih dari emas di seluruh dunia,
Maka galilah pikiranmu untuk menemukan sesuatu yang berharga dalam hidupmu.


Seorang sahabat yang mengetahui aku membuat blog lagi bertanya, "Kenapa sih kamu suka sekali ngeblog?" dengan ringan kujawab, "Untuk mengeluarkan pikiranku kawan." Dia terlihat bingung dengan jawabanku, "Kenapa tidak mencari seseorang untuk bertukar pikiran? Blog kan tidak selalu ada yang baca kalau tidak terkenal, susah cari teman diskusinya." Aku tertawa kecil mendengarnya.

"Terkadang kita butuh waktu untuk bersoliloquy, menurutku blog adalah sarana yang tepat." sahabatku lalu bingung, sepertinya dia lupa pelajaran yang kami dapat selama SMA, "Soli apa?"

Ventriloquist Seni Suara Perut



Jika kamu seumuran atau lebih tua dariku maka harusnya kalian ingat di masa kecil kalian ada Ria Enes dengan boneka Susannya menjadi penyanyi cilik. Sejak itulah aku takut boneka dengan mata melotot.

Awalnya kupikir Susan adalah boneka yang hidup, belakangan baru kutau ada hal yang disebut Ventriloquist.

Aku sebenarnya tidak menyukai pertunjukan Ventriloquist, karena boneka yang mereka gunakan benar-benar menyeramkan. Perlahan-lahan itu mulai berubah ketika diajak menonton pertunjukan-pertunjukan Ventriloquist modern yang bonekanya lebih enak dilihat dan pertunjukan mereka sangat lucu.

Salah satu favoritku adalah Finalis dari Britain Got Talent yaitu Steve Hewlett dengan bonekanya Arthur.

Permainan Psikologi Sederhana

Semakin kau tau, Semakin kau akan terkejut atas cara kerja otak manusia.

Saat sedang blogwalking, aku menemukan seseorang mempublikasikan sebuah percobaan sederhana. Aku kemudian mengingat bahwa itu adalah tes psikologi dan cara kerja otak yang pernah kulakukan dimasa sekolah, hal ini kemudian dijadikan sebuah permainan yang cukup populer dimasanya.

Dalam post tersebut hanya dituliskan permainan dan hasil sederhananya saja. Disini aku akan menjelaskan lebih dalam hasil analisanya. Tertarik untuk bermain? Yang kamu butuhkan hanya sebuah pena dan selembar kertas kosong.

Curhat Pendek - Pria yang Baik

Cowo tuh cuma ada dua tipe, kalau nggak bajingan dia homo
- Raditya Dika dan Para wanita

Seorang teman wanita yang sudah mengalami banyak patah hati, bertanya padaku. "Ron, kok susah banget ya cari pria yang baik di dunia ini? Apa nggak ada pria baik-baik?"

"Sil, kalau banyak pria baik-baik, apa kau pikir kami para pria ini akan menghabiskan waktu untuk mengejar para wanita? Kami akan lebih memilih bersama pria, menjadi Gay."

Hening lama diantara kami setelah itu.

Rabu, 20 Mei 2015

Memilih untuk Tidak Jatuh Cinta

Katanya untuk membuat seseorang mencintaimu buatlah dia tertawa,
tetapi setiap dia tertawa akulah yang jatuh cinta.


Hari ini aku membaca buku Raditya Dika yang berjudul Koala Kumal, buku terbaru karyanya. Awalnya aku tidak berniat membacanya karena banyak komentar negatif terhadap buku ini. Entah Jodoh atau Kutukan, akhirnya buku ini tiba ke tanganku bulan lalu melalui orang lain dan ternyata aku menyukai buku ini.

Beberapa kisah dalam buku ini membangkitkan banyak kenanganku, terutama masa-masa kecil dan saat masih duduk di bangku SMA. Dari salah satu kenangan itu, ada sebuah kenangan yang seolah terlupa atau memang sengaja dilupakan, kemudian aku berpikir untuk menulisnya.

Prosopagnosia atau Buta Wajah


Pernah bertemu teman lama tetapi sulit mengenalinya? atau tiba-tiba disapa seseorang yang mengenal kita tetapi wajahnya terlihat sangat asing? Itu jelas bukan pengalaman yang menyenangkan ketika kita melupakan wajah orang yang kita kenal, tetapi taukah kamu bahwa ada orang yang tidak bisa mengingat bahkan wajah orang yang ditemuinya setiap hari?
Kondisi dimana seseorang kesulitan mengingat atau mengetahui wajah orang lain disebut Prosopagnosia.

Synesthesia Kemampuan Melihat Bau, Mendengar Warna






Masih ingat dalam pelajaran Bahasa Indonesia kita dikenalkan dengan Sinestesia? Sebuah bentuk Metafora yang merupakan ungkapan menghubungan satu indera dan indera yang lain, misalnya Suaranya terang sekali, Rupanya manis, dan Namanya harum.

Di dunia ini ada sebuah kondisi yang mirip dengan hal tersebut pada manusia, kondisi mental ini disebut Synesthesia.

Analgesia



Analgesia atau lebih spesifik disebut Congenital Insensitivity to Pain (CIP) atau sering disebut Congenital Analgesia adalah sebuah kondisi langka dimana seseorang kehilangan kemampuan untuk merasakan sakit fisik.

Berbeda dengan tokoh superhero dalam cerita fiksi, walaupun seseorang tidak dapat merasakan sakit fisik tetapi tubuhnya tetap terluka, sehingga daripada menguntungkan sebenarnya ini kondisi yang sangat berbahaya.

Minggu, 17 Mei 2015

Kisah Bola Hitam Putih

http://2.bp.blogspot.com/_B2H2Ivw9tsE/TVKHTx1KM5I/AAAAAAAAAK0/WWSkrfhS1vM/s1600/hitamputih.jpg 
Setiap Hal terjadi karena sebuah alasan, Bagian sulitnya mencari tau alasan tersebut.


Ini adalah sebuah kisah yang saya tulis sekitar tahun 2008, berada di tiga blog yang pernah kubuat. Kisah ini ternyata menjadi populer di tahun 2009, Mengapa demikian? Silahkan baca sendiri.

Kisah Cinta Penuh Drama dalam ilustrasi Singkat

Ini salah satu post di blogku yang lama, usianya sudah 7 tahun tetapi masih tetap menghiburku. Untuk menambah isi dari label baru Cozy Corner, maka ku publikasikan ulang untuk nostalgia.

Kisah Cinta Penuh Drama, dari pertama jumpa hingga setahun menikah.


Pertemuan Pertama
Ciuman Pertama
Pertengkaran Pertama
Setahun setelah Menikah

Arti Seorang Sahabat

Memiliki ribuan teman bukanlah keajaiban,
Keajaiban adalah kamu menemukan seorang teman yang tetap bersamamu,
Ketika ribuan orang lain melawanmu.


Dua hari yang lalu, aku bertemu dengan seorang sahabat yang sudah hampir 2 tahun tidak bertemu. Kami bahagia bertemu satu sama lain, jarak dan waktu seperti tidak mengikis persahabatan kami. Saling bercerita perjalanan hidup satu sama lain, terkadang kami memang masih memberi kabar lewat pesan singkat atau jejaring sosial tetapi memang lebih nikmat jika bertemu langsung.

Sahabatku bercerita bagaimana dia rindu masa-masa kami bersama sehari-hari, di tempatnya yang baru dia tidak menemukan seorangpun yang bisa dia jadikan sahabat. Mereka berusaha mengambil keuntungan darinya, mencari kesempatan untuk menaikan popularitas mereka. Ya, sahabatku ini aktif di dunia entertainment, karena itu banyak yang mendekatinya agar bisa terkenal atau jadi artis juga.

Kami kemudian bercerita tentang anggapan kami tentang sahabat beberapa tahun lalu, ternyata telah berubah. Begitu sulit mencari seorang sahabat yang baik, ya seperti mencari setetes air mata di lautan.

Cinta yang Tak Sempurna

Katakan Cinta, sebelum terlambat


Mereka telah saling mengenal sejak bersekolah dan sejak menjadi sahabat baik. Mereka berbagi semua dan apapun juga dan menghabiskan banyak waktu bersama dalam dan setelah sekolah. Tetapi hubungan mereka tidak berkembang namun hanyalah sebatas teman. Nadia menyimpan rahasia, kekagumannya dan cintanya kepada Johan. Dia memiliki alasan tersendiri untuk menyimpan hal itu sendiri.

TAKUT! Takut akan penolakan, takut jika Johan tidak merasakan hal yang sama, takut kalau Johan tidak menerimanya sebagai temannya lagi, takut kehilangan seseorang yang dia merasa nyaman bersamanya. Setidaknya jika dia tetap menjaga perasaannya, dia mungkin masih bisa bersama Johan dan dengan harapan, bahwa Johan lah yang akan mengatakan bagaimana perasaannya kepada Nadia.

Jumat, 15 Mei 2015

Bernyanyi dan Kehidupan

Hidup seperti musik, memiliki bermacam cerita, beragam nada.
Indah atau tidaknya, tergantung dari pemainnya.


Aku termasuk orang yang menyukai musik, dan juga bernyanyi. Pada awalnya aku tidak mendengarkan musik, tidak ada musik yang pas di hatiku. Hingga suatu hari aku mendengarkan lagu-lagu yang memiliki alunan nada indah yang menyentuh hatiku.

Meskipun bukan penyanyi profesional, dan pernah dibilang tidak memiliki bakat menyanyi sama sekali oleh Guru Kesenian selama sekolah, aku tetap memiliki jam terbang yang sangat tinggi dalam bernyanyi. Ya, biasanya kulakukan di kamar mandi.

Jam terbang yang tinggi tersebut membuatku jadi penyanyi berpengalaman tanpa perubahan kemampuan yang berarti. Ini bukan hobi apalagi bakat, hanya sebuah cara untuk lari dari kenyataan.

Kamis, 14 Mei 2015

Siapa Diriku? Perjalanan Menemukan Jati Diri

Manusia itu sederhana, Kamu adalah apa yang kamu lakukan berulang-ulang.
- Aristoteles

Dalam hidupku, aku menemukan banyak orang yang tersesat dalam hidupnya. Mereka selalu mencari jati dirinya, atau tujuan hidupnya.

Aku pun pernah dalam masa pencarianku, aku beruntung menemukannya di usia muda, banyak orang yang tidak menemukan hingga akhir hidupnya.

Apa Tujuan Hidupku? Apa Bakatku? Masa depanku seperti apa? Siapa sebenarnya aku? Itulah pertanyaan yang sering ditanyakan mereka yang mencari jati diri.

Fungsi Hobi dalam Hidup Seimbang



Hobi diambil dari serapan bahasa Inggris yaitu Hobby, artinya sendiri adalah kegiatan yang dilakukan di luar rutinitas untuk tujuan relaksasi. Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa tujuan dari hobi adalah memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan.

Setiap orang seharusnya memiliki hobi, baik yang mereka sadari maupun tidak. Menurut definisiku pribadi, ketika sesuatu yang kita lakukan berulang-ulang mulai membutuhkan biaya dan kita tidak keberatan dengan hal tersebut, itulah Hobi.

Orang yang gemar membaca awalnya bisa saja dari membaca buku teman, perpustakaan, atau membaca di Internet. Ketika dia mulai mengeluarkan uang untuk membaca, seperti menyewa atau membelinya maka itu menjadi hobi.

Lalu apa sebenarnya fungsi Hobi dalam kondisi psikologis manusia?

Rabu, 13 Mei 2015

Buku dalam Perjalan Hidup

Semakin banyak kau membaca, Semakin banyak hal yang kau tau.
Semakin banyak yang kau pelajari, dan semakin banyak tempat yang kau datangi.
- Dr Seuss


Dalam tulisanku di blog ini, seringkali kusinggung tentang hobiku yaitu membaca buku. Menceritakan bagaimana buku mengubahku, menjadikan diriku yang ada hari ini. Aku juga menulis buku dan tulisan di blog dengan tujuan dapat menulis sesuatu yang membawa perubahan.

Beberapa waktu yang lalu seorang teman mengirimiku gambar koleksi buku teman barunya, dia menceritakan pada teman barunya bahwa dia memiliki teman yang sangat menggilai buku, yaitu aku. Teman barunya ini memintaku mengirim koleksi bukuku, butuh waktu untuk memfoto semuanya jadi aku hanya mengirimkan 3 foto, yang kurang lebih berisi 400-500 buku.

"Gila! Apa kau berencana menikahi sebuah buku?" begitulah isi pesan dari temanku. Aku sebenarnya ingin mengatakan bahwa itu belum separuh koleksiku, tetapi aku menahan diri.

Minggu, 10 Mei 2015

Memiliki Me Time yang Ideal

Kamu memiliki seluruh waktumu, tetapi berapa banyak yang kau berikan untuk dirimu sendiri?


Aku termasuk orang yang yakin bahwa hidup produktif dan bahagia dapat diraih oleh seseorang yang hidup optimal dan dapat memberikan waktu untuk dirinya sendiri, atau populer disebut Me Time.

Ketika seseorang beranjak dewasa, atau keadaan mulai menuntutnya untuk menghabiskan banyak waktu kepada pekerjaan, orang lain atau hal-hal yang membutuhkan banyak waktu maka munculah sebuah kebutuhan yang sering kali terlupakan yaitu Me Time.

Seseorang yang memiliki Me Time yang ideal biasanya menjalani hidup lebih bahagia daripada yang tidak. Apakah kalian termasuk yang mengelola Me Time dengan ideal?

Kamis, 07 Mei 2015

Budaya Operasi Plastik di Korea



Demam korea memang salah satu demam yang sudah lama ada di Indonesia dan semakin lama semakin kuat saja. Mungkin masih lekat di ingatan banyak orang pertama kali demam korea terjadi karena munculnya sang bintang besar Rain Bi.

Rain Bi yang bermain dalam serial drama korea berjudul Full House berhasil menjaring begitu banyak wanita di Indonesia, utamanya Ibu-Ibu. Perlahan tapi pasti korea mengeser popularitas film-film Taiwan dan China, F4 sudah tidak bisa mempertahankan tempatnya di hati para penggemarnya.

Awalnya ketika Demam Korea masuk itu biasa saja, tetapi sejak istilah Boyband dan Girlband juga muncul, maka generasi muda ikut "tertular" demam korea.

Motion Sickness - Hidup dengan Kebiasaan Mabuk Kendaraan






Apa diantara kalian ada yang mudah mabuk kendaraan? Baik itu Udara, Laut maupun Darat. Yang namanya mabuk kendaraan itu memang tidak enak, membuat kita tidak bisa menikmati perjalanan dan pemandangan yang indah.

Aku sendiri termasuk orang yang dulunya adalah sahabat karib kantong muntah, dan aku mengalami mabuk kendaraan baik udara, laut maupun darat!

Entah karena memang tubuhku begitu sensitif terhadap guncangan atau getaran membuatku mudah sekali mengeluarkan isi perutku saat berkendara.

Rabu, 06 Mei 2015

Selasa, 05 Mei 2015

Curhat Pendek - Pernyataan Cinta yang Tidak Bisa di Tolak



Sebuah panggilan telepon saat aku sedang menikmati makananku. Ternyata dari seorang teman lama. Setelah basa-basi singkat, dia melontarkan maksudnya menelponku.

"Ron, waktu sekolah lu kan paling ngerti nih soal cewek, gw lagi jatuh cinta nih. Mau nembak tapi takut ditolak, gimana menurut lu supaya nggak ditolak?"

Setelah menghela nafas panjang, aku pun menjawab.

"Kawan, berikanlah wanita itu pilihan setelah kamu menyatakan perasaanmu. Minta dia memilih jika dia menerima perasaanmu maka peluklah dirimu, jika dia menolak maka minta dia memanjat pohon menari seperti orang hutan di atas pohon sambil berteriak Auoooo, sekarang apa jawabannya?"

"Yang serius lu Ron?!"

"Iya, coba aja. Sukses ya."

"Oke, ntar gw kabarin lagi.. tut.. tut.. tut.."


Senin, 04 Mei 2015

Menulis itu...

Jika kau menunggu saat kau ingin menulis, maka kau tidak akan pernah menulis


Beberapa hari ini aku tidak menulis di blog ini, aku berpikir banyak hal dan salah satu hal tersebut adalah pertanyaan dari seseorang yang penting bagiku. Kenapa kau menulis dan apa arti menulis bagiku?