Kamis, 23 April 2015

D.O.M. Benedictine sang Elixir



DOM Benedictine adalah salah satu minuman beralkohol tertua yang pernah ada. Bagi sebagian masyarakat Tionghua di Indonesia tentunya sudah sangat familiar dengan minuman ini.

Seringkali teman-temanku heran ketika melihat botol DOM Benedictine yang memang terlihat mahal terpajang di rumahku, hal yang sama sering terjadi ketika seseorang menjenguk keluarga keturunan Tionghua yang baru melahirkan seringkali heran melihat minuman satu ini.

Mengapa demikian?

DOM Bénédictine dipercaya sebagian masyarakat Tionghoa akan cepat memulihkan kondisi ibu pasca melahirkan. Bukan tanpa alasan karena minuman ini mengandung puluhan tanaman herbal yang bersifat menyembuhkan. Tidak heran minuman ini pernah sangat populer di Inggris dan sekitarnya pada masa perang dunia pertama dan dikenal dengan sebutan "Elixir".

DOM Bénédictine ini dibuat dari berbagai jenis rempah dan herbal yang total berjumlah 27 macam. Proses pembuatan yang rumit dan panjang membuatnya disebut sebagai elixir alias “ramuan berkhasiat”. Dari proses awal sampai dengan di dalam botol, dibutuhkan waktu selama dua tahun.

Sejarah panjangnya dapat ditarik dari tahun 1501, seorang biarawan yang bernama Dom Bernardo Vincelli dari Abbey of Fécamp, Normandy, Perancis membuat minuman ini pertama kali. Entah bagaimana, resep minuman ini hilang dan tigaratus tahun kemudian – tahun 1863 – baru ditemukan kembali oleh Alexandre Le Grand – seorang pedagang dan kolektor religious art.

Dan apa sebenarnya arti DOM? DOM adalah semacam sebutan untuk biarawan/paderi di masa itu Deo Optimo Maximo – For Our Best, Greatest God.

Minuman yang masuk kelas Champagne ini biasanya dijual dengan harga 400 sampai 500 ribu rupiah per 750ml nya.

1 komentar:

  1. Dom benedictine memang bagus. Biasa di minum perempuan lepas bersalin.Sy juga minum DOM untuk rambah darah dan mnjaga kesehatan.

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)