Kamis, 23 April 2015

Colombus Egg - Telur Columbus

Hal paling sederhana di dunia. Setiap orang dapat melakukannya, setelah orang itu ditunjukan bagaimana caranya! - Christopher Columbus


Egg of Columbus atau Colombus Egg adalah sebuah istilah untuk ide hebat atau penemuan yang ternyata menjadi terlihat sederhana setelah dijelaskan caranya.

Menurut pendapat pribadiku, hal ini paling sering terjadi di dunia sulap. Setiap orang yang melihat bagaimana trik dilakukan merasa dapat segera melakukan hal yang sama, padahal sebelumnya dia sama sekali tidak tau apa yang harus dia lakukan untuk menjadi seperti itu.

Mari kita baca kisah lengkapnya.

Christopher Columbus sang penemu benua Amerika di lakukan dengan tidak sengaja. Awal mula Columbus berserta para awaknya ingin menemukan jalan ke Asia Timur melalui arah barat. Dia meminta bantuan Raja untuk masalah kebutuhan serta keperluan kapal. Tepat tanggal 3 Agustus 1492 dia memulai pelayaran. Diluar dugaan pelayaran ini membutuhkan tekad yang kuat karena jauhnya jarak yang dilalui oleh Kapal melintasi samudra Atlantik. Para awak kapal merasa kelelahan, resah dan takut karena perjalanan semakin tidak terprediksi. Namun Columbus berkata dengan tegas "Tidak! Perjalanan harus tetap diteruskan, layar yang terkembang pantang untuk digulung!" Sampai akhirnya mereka menemukan sebuah benua Amerika.
Hingga pada akhirnya Columbus sang penjelajah di undang oleh Raja ke dalam sebuah pesta dalam rangka menyambut keberhasilannya menemukan benua Amerika. Jelas penemuannya ini bisa dikatakan sebuah hal yang jenius. Karena mempermudah penyebaran penduduk yang padat, menambah pemukiman baru dan menambah sumber kekayaan bangsa Eropa. Hingga dia diangkat menjadi bangsawan kehormatan kerajaan.
 
Tapi, terjadi perbincangan hangat ditengah-tengah pesta. Ternyata sebagian kelompok masih menganggap enteng Columbus. Mereka melihat Columbus dengan tatapan sinis dan tidak senang. Ada juga yang beranggapan bahwa Columbus hanya beruntung melakukan pelayaran pertama melalui arah Barat dan semua orang bisa melakukan itu. "Apa hebatnya Columbus? Dia hanya beruntung berlayar kearah barat. Semua orang bisa melakukan apa yang dia lakukan."
Mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan, Columbus dengan tenang menantang mereka "Bila kalian merasa tidak senang, mari kita melakukan sedikit tantangan." Semua mata tertunju ke Columbus, lalu Columbus melanjutkan "Saya menantang kalian untuk mendirikan telur rebus ini di meja. Apabila kalian bisa melakukannya saya akan mengakui bahwa apa yang dikatakan kalian adalah benar serta saya akan mempertaruhkan kekayaan dan kehormatanku disini."
Mendapat tantangan seperti itu semua orang yang datang berbaris. Tidak sabar untuk menunggu giliran mereka. Silih berganti tidak ada seorang pun yang mampu mendirikan sebuah telur rebus itu walaupun mereka sudah mencoba mendirikannya dengan berbagai macam gaya. Karena bentuk telur yang elips itu sangat menyusuhkan untuk membuatnya berdiri. Hingga semua giliran selesai dan tidak ada yang mampu untuk mendirikan telur tersebut.
Columbus pun mengambil telur tersebut. Lalu, dia meretakan bagian bawah dari telur itu untuk dibuatnya berdiri diatas meja. Sontak kagum dikeluarkan para hadirin yang datang kepesta tersebut. 
"Kalau hanya seperti itu saya juga bisa!" Teriak salah satu orang yang telah mencoba mendirikan telur tersebut. Keadaan kembali hening akibat ucapan orang yang merasa iri tersebut.
Lalu dengan bijak Columbus menjawab "Kalau kamu bisa, kenapa tidak kamu lakukan tadi?" hal paling sederhana di dunia. Setiap orang dapat melakukannya, setelah orang itu ditunjukan bagaimana caranya." 
Hingga saat itu semua orang pun mengakui Columbus. Berdasarkan kisah ini dibangunlah sebuah monumen di Sant Antoni de Portmany berbentuk telur yang berdiri.
 
 
Cerita ini sebenarnya mengajarkan tentang menghargai kemampuan, dan keberhasilan orang lain dan tidak meremehkan seseorang hanya anda telah tau cara melakukan hal yang sama. 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)