Rabu, 25 Maret 2015

What the Facts #8

 
Pengetahuan adalah obat yang paling manjur
- Drs. Aggy Tjetje


 
 
261. Ada 70 negara yang terlibat dalam perang dunia kedua.
 
262. Ketika lukisan orang telanjang oleh Michelangelo di Kapel Sistie dianggap terlalu vulgar, artis lain diminta utntuk melukis pakaian untuk menutupi bagian yang dianggap menantang.
 
263.Kapal mewah pertama diciptakan pertama kali oleh Archimedes di abad ke 3 SM. Kapal itu cukup besar untuk mngangkut 600 orang, mempunyai kebun, kuil dan bahkan tempat olahraga.
 
264. Di tahun 1902, Menara Eiffel tersambar petir dan merusak 100 meter bagian puncak monumen itu.
 
265. J. R. R. Tolkien memerlukan waktu 12 tahun untuk menulis trilogi The Lord of The Rings. Pekerjaan utama beliau adalah profesor di Oxford University.
 
266. Tukang pos dari zaman Victoria di Inggris mengenakan jubah merah dan sering disebut robin (burung dengan bulu merah di bagian dada).
 
267. Aktor pemeran Tarzan yang paling terkenal, Johnny Weissmuller, adalah perenang peraih medali emas Olimpiade dan memecahkan 67 rekor dunia berenang selama tahun 1920-an.
 
268. Hari Natal baru dirayakan setelah 400 tahun Yesus Kristus wafat, kemudian atas perintah dari Oliver Cromwell perayaan ini dilarang selama lebih dari satu dekade.
 
269. Makhluk hidup pertama yang terbang  ke udara menggunakan balon udara panas adalah seekor domba, seekor bebek, dan seekor ayam jantan di tahun 1783.
 
270. Surat kabar pertama dicetak tahun 1605 dan bentuknya seperti buku.
 
271. Pembuka kaleng baru ditemukan 50 tahun setelah kaleng ditemukan untuk mengawetkan makanan.
 
272. Hadiah Nobel untuk Perdamaian diberi nama menurut ahli kimia bangsa Swedia Alfred Nobel, dia adalah orang yang menemukan dinamit.
 
273. Pena di zaman dahulu dibuat dari tulang binatang.
 
274. Thomas Alfa Edison melamar istrinya menggunakan sandi morse.
 
275. Louis XIV menjadi Raja Prancis di usia 4 tahun dan terus berkuasa selama 72 tahun.
 
276. Nama Wendy tidak pernah digunakan sebelum publikasi Peter Pan karangan J.M. Barrie
 
277. Nama kecil ibu seorang astronot dari Amerika, Buzz Aldrin (Astronot kedua yang menginjakkan kaki ke Bulan dan berangkat bersama Neil Armstrong) adalah Moon.
 
278. Bola tenis awalnya tidak berwarna kuning, sebelum tahun 1986 bola tenis berwarna putih.
 
279. Nilai uang logam orang Viking berdasarkan pada beratnya. Bila seorang Viking harus membayar kurang untuk suatu barang, dia akan memotong sedikit uang logamnya.
 
280. Pohon kacang Brazil dapat hidup selama lebih dari 500 tahun.
 
281. Jika petir menyambar pasir maka pasir itu dapat berubah menjadi kaca.
 
282. Hanya satu dalam 1000 kerang yang berisi mutiara, jadi wajar harganya mahal.
 
283. Galileo Galilei pernah dipenjara karena menyatakan bahwa matahari adalah pusat dari alam semesta.
 
284. Bumi tidak bulat sempurna, Bagian tengahnya sedikit menonjol.
 
285. Oksigen cair berwarna biru langit.
 
286. Temperatur paling dingin yang pernah diukur di bumi adalah minus 89 derajat Celsius di Vostok, Antartika tanggal 21 juli 1983.
 
287. Perak mempunyai sifat antimikroba dan digunakan dalam banyak pengobatan sebelum penemuan antibiotik. Orang sering memasukkan koin perak dalam susunya untuk mencegah susunya menjadi basi.
 
288. Hasil riset menunjukan bahwa racun ikan buntal mempunyai sifat melawan kanker dan mungkin dapat digunakan di masa depan untuk pengobatan.
 
289. Remis (Meretrix Veneridae), sama seperti kerang, menghasilkan mutiara.
 
290. Kertas untuk membuat uang dollar Amerika dibuat dari kapas.
 
291. Menatap matahari secara langsung dapat menyebabkan kerusakan permanen di retina mata.
 
292. Senyawa obsidian yang dihasilkan gunung berapi dapat dibentuk menjadi alat pemotong yang halus dan lebih tajam dari pisau bedah dari baja dan digunakan dalam bedah jantung.

293. Obat yang digunakan untuk mengobati penyakit tidur mengandung arsenik dan membunuh 10% pasien yang mendapat obat itu.

294. Bola lampu pijar amat tidak efisien, 95% dari daya yang digunakan dipakai untuk menghasilkan panas, jadi hanya 5% yang digunakan untuk menghasilkan cahaya itu sendiri.

295. Ahli teknik dari abad pertama, Pahlawan dari Alexandria menemukan mesin penjual pertama. Mesin ini menjual air suci.

296. Terdapat tiga tipe meteorit yaitu yang terbuat dari batu, besi atau campuran keduanya.

297. Walaupun terlihat rapuh, benang sarang laba-laba amat kuat- lebih kuat daripada kawat baja dengan ketebalan yang sama.

298. Bila kamu berjalan di bulan tanpa mengenakan pakaian ruang angkasa dalam beberapa detik saja kulitmu akan terbakar sinar matahari dengan parah. Untunglah atmosfer planet kita melindungi sehingga kita tidak cedera demikian cepat.

299. Pohon oak tidak menghasilkan buah sampai umurnya mencapai 50 tahun.

300. Paling sedikit, 90% tanaman tergantung pada jamur agar dapat bertahan hidup.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)