Rabu, 04 Februari 2015

Valentine Day, White Day dan Black Day

 
 Karena Cinta membuat dunia penuh warna



Jika ditanya apa yang paling identik atau hal yang paling kalian ingat di bulan februari? Sebagian besar akan akan menjawab Hari Valentine. Ya, kita tinggal menghitung hari menuju Valentine yang tahun ini bertepatan dengan malam minggu.

Aku masih bingung, apakah akan menghabiskan waktu di rumah (karena nasib LDR) atau pergi ke undangan pernikahan teman. Aku mendapat tiga undangan pada jam yang sama di tiga tempat yang berbeda. 

Indonesia adalah salah satu negara yang secara tidak resmi masyarakatnya merayakan Hari Valentine. Tradisi di Indonesia sendiri juga sangat unik.

Tulisan kali ini akan membahas tentang Hari Valentine, Hari Putih dan Hari Hitam.

Aku rasa tidak perlu menulis sejarah hari valentine ya, bertahun-tahun menjalani valentine masa masih baca sejarah yang itu-itu saja setiap tahunnya. Mari kita bahas budaya Hari Kasih Sayang ini di Indonesia.

Di negara tercinta ini, Valentine tetap dirayakan tanggal 14 Februari, Seingatku Valentine baru populer di Indonesia sekitar 15-an tahun lalu (Ketauan tuanya), mungkin karena pengaruh politik Indonesia sebelumnya memang sulit untuk budaya seperti ini dirayakan, atau mungkin tidak dirayakan secara terbuka.

Hari Valentine di Indonesia dirayakan dengan pemberian hadiah kepada orang yang mereka sayangi, Bisa keluarga ataupun orang yang lagi ditaksir. Terkadang ada juga yang memberi kepada sahabat-sahabatnya, dan hanya di Indonesia hadiah bisa ditagih sebelum harinya atau hanya aku yang sering dipaksa memberi coklat karena diminta jauh-jauh hari?

Biasanya hadiahnya berupa coklat, kalau pria ke wanita terkadang bunga, boneka atau hal yang berwarna pink lainnya.

White Day atau Hari putih biasanya dirayakan tanggal 14 Maret, itu adalah hari dimana para pria yang menerima coklat sekarang membalas untuk memberi hadiah kepada wanita. Berbeda dengan di Indonesia, White Day menjadi satu dengan Valentine Day, bahkan lebih sering pria memberi daripada menerima ( Curhat masa SMA).



Ada juga budaya baru yang beberapa tahun terakhir populer, yaitu Black Day atau Hari Hitam. Black Day aslinya berasal dari korea, Ini adalah budaya yang dirayakan pada tanggal 14 April. Di hari itu, Pria dan Wanita yang masih single akan pergi mengenakan pakaian serba hitam dan makan Jajangmyeon (Mie Hitam).

Tahun lalu aku diajak seorang teman untuk merayakannya, walaupun aku memiliki pasangan tetapi namanya makan gratis sukar ditolak, apalagi makanan impor, hihi.

Resep Jajangmyeon sudah tersebar di berbagai website yang ada di dunia maya, rasanya menurutku enak dan side dish yang kumakan kemarin adalah terong pedas, lumpia bengkuang dan acar.

Jadi tahun ini hari apa saja yang akan kalian rayakan? :)

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)