Senin, 09 Februari 2015

Jenis-Jenis Cinta

http://th00.deviantart.net/fs70/PRE/i/2012/221/e/5/summer_love_by_paulchen11-d5af62k.jpg 
Satu kata berjuta makna, Berjuta kisah



Cinta, Sebuah kata yang membuat dunia ini begitu hidup. Cinta adalah satu kata yang hingga saat ini tidak memiliki definisi yang pasti, banyak orang mengartikan Cinta dengan makna yang berbeda.

Seperti kebanyakan orang lain, aku memiliki pengertian sendiri terhadap Cinta. Bagiku kata Cinta memiliki arti Perasaan yang hangat ketika kita mengenal dan menerima seseorang, dalam hubungan cinta memiliki peran untuk saling belajar, menjaga dan berkembang. Yang terpenting, Cinta membuat kita ingin membahagiakan orang yang kita cintai.

Banyak orang yang bertanya, karena perbedaan pendapat itulah mereka menanyakan sebenarnya Cinta itu sebuah konsep, perasaan atau tindakan?

Ada beberapa jenis cinta yang ada di dunia, dan inilah jenis-jenis Cinta yang kuketahui.

Puppy Love - Di Indonesia dikenal sebagai Cinta monyet, ini adalah rasa ketertarikan sementara yang lugu kepada orang yang sebenarnya tidak begitu kita kenal.

Infatuation - Sebuah perasaan mengebu-ngebu atau tergila-gila pada seseorang berdasarkan imajinasi atau idealisme. Perasaan ini biasanya menghilang ketika kita semakin mengenal orang tersebut.

Cinta Romantis - Sebuah perasaan yang terbentuk diantara pasangan akibat gairah, kepedulian, ketertarikan dan perhatian.

Rasa Persahabatan - Perasaan hangat yang dirasakan dengan seseorang yang kita rasa nyaman ketika menghabiskan waktu bersama.

Cinta Keibuan - Perasaan yang bersifat mengasuh, menjaga dan menerima. Bisa terjalin walaupun tanpa ikatan darah. Tidak terbatas umur maupun gender.

Cinta Kebapakan - Perasaan yang bersifat membimbing dan mengarahkan. Bersifat mempersiapkan seseorang untuk menghadapi dunia atau masalah. Sama dengan Keibuan, bisa terjalin tanpa hubungan darah tidak terbatas umur maupun gender.

Eros - Perasaan bergairah yang berhubungan dengan seksual terhadap pasangannya.

Patriotisme - Perasaan memiliki dan melindungi suatu tempat atau negara dimana kamu dilahirkan atau dibesarkan.

Soulmate / Jodoh - Perasaan yang bertahan diantara dua insan selama beberapa kehidupan atau perasaan yang sangat kuat dari kedua belah pihak walaupun belum begitu mengenal satu sama lain. Tidak semua orang yakin terhadap Cinta jenis ini.

Cinta Spiritual - Cinta yang diberikan atas nama Tuhan atau keberadaan yang lebih tinggi dari dirinya. Sebuah bentuk pelayanan kepada orang lain yang bersifat batiniah. Bisa juga untuk kecintaan pada Tuhannya atau biasa kita kenal dengan Iman.

Persaudaraan - Perasaan kepada sesama Manusia, yang timbul karena empati, simpati dan juga hubungan yang dibangun.

Cinta Diri - Sebuah bentuk perasaan positif dalam menghargai, merawat dan mencintai diri sendiri. Dapat menerima diri dan memberikan kebahagiaan yang pantas untuk diri sendiri.

Cinta Berat - Perasaan yang seringkali bersifat memaksa demi kebaikan orang yang dituju, Seperti orang tua yang memaksa anaknya berhenti merokok atau mabuk demi kebaikannya sendiri. Keinginan kita untuk mengubah kebiasaan buruk orang yang kita cintai.

Cinta Bersyarat - Perasaan kasih yang hanya akan muncul jika sebuah syarat atau kondisi terpenuhi, jika hal tersebut tidak terpenuhi maka cinta tidak akan muncul atau diberikan.

Cinta Tak Bersyarat - Perasaan yang begitu kuat, dimana kita tetap dapat memberikan kasih, perhatian, dan lainnya dengan apapun yang diperbuat oleh orang yang kita cintai. Seringkali disebut mencintai apa adanya.

Tulisan ini kubuat saat teringat sebuah tulisan yang pernah kubaca, aku sendiri lupa apakah itu buku atau artikel di Internet. Menuruku topik ini menarik dan kutambahkan dengan pemahamanku sendiri.

Jadi Cinta apa saja yang sudah pernah kalian rasakan?

5 komentar:

  1. Aku baru pertama kali mampir. Blognya bagus, terus banyak ngasih pengetahuan baru. Keep writing!

    BalasHapus
  2. @Dinda : Terimakasih sudah mampir :)

    @Ruby : Terimakasih :)

    BalasHapus
  3. Ron.. mamen, saya nggak nemu share button-nya,
    pengen masukin tulisan ini ke blog saya nih..
    kewrenn, apa copas aja?

    BalasHapus
  4. @Shely : Udah aku tambahin share buttonnya, kemarin lupa ditambahin. Thanks for reminder :)

    BalasHapus

Terimakasih untuk berkomentar, Komentarmu sangat berarti untuk penulis agar terus semangat berkarya. Setiap kritik dan saran sangat dihargai agar blog ini semakin baik ke depannya. Semoga anda berbahagia :)